Logo RTC
 
 
Ribuan Warga Kuansing Belum Miliki e-KTP

Riauterkini - TELUK KUANTAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mencatat ribuan warga Kuansing belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Berdasarkan data Disdukcapil dari wajib KTP sebanyak 237.366 orang, baru 234.543 orang yang melakukan perekaman.

"Perekaman e-KTP kita sudah 98,8 persen," kata kepala Disdukcapil Kuansing, HM Refendi Zukman kepada wartawan belum lama ini.

Refendi mengatakan masih ada 1,2 persen atau 2.800 orang yang belum melakukan perekaman. Artinya masih ada ribuan warga Kuansing yang belum memiliki e-KTP.

"Data itu per 30 November 2021. Makanya kita terus genjot perekaman e-KTP ke lapangan," jelasnya.

Ia mengatakan, terdapat berbagai alasan hingga masih banyak warga setempat yang belum memiliki KTP tersebut.

"Di antaranya disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah akan pentingnya e-KTP," ujarnya.

Alasan lainnya karena yang belum memiliki e-KTP tersebut berada di luar daerah. Sehingga belum dapat mengurus e-KTP-nya.

"Kendala utama yang dihadapi yakni minimnya kepedulian masyarakat untuk memiliki e-KTP," kata dia.

Untuk itu, Disdukcapil Kuansing tetap memberikan kesempatan bagi warga yang belum mengurus e-KTP untuk melakukan perekaman dan mengurus segala persyaratan lainnya dengan cara mendatangi kantor Disdukcapil setempat.

Pihaknya berharap masyarakat lebih merespons pentingnya penggunaan e-KTP sebagai identitas warga negara Indonesia.

"Apalagi, pengurusan KTP elektronik saat ini tidak dipungut biaya dan berlaku seumur hidup. Jadi warga diminta kesadarannya untuk memiliki e-KTP sesuai aturan yang ada,"pungkasnya.* (Jok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri