Logo RTC
 
 
Bentuk Apresiasi Pemkab, Bupati Alfedri Beri Penghargaan ke Tenaga Pendidik

Riauterkini-SIAK-Beberapa waktu yang lalu Bupati Siak H. Alfedri memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada fasilitator daerah, Sekolah Penggerak, Pengajar Praktik dan Guru Penggerak, Fasilitator Guru Penggerak dan Asesor Program Sekolah Penggerak.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang bertempat di halaman Jamsostek Kecamatan Tualang.

Terkait hal itu, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Mahadar mengatakan, pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah. Seperti, terhadap fasilitator daerah diberikan kepada kepala sekolah dan guru yg telah mengimplementasikan program PINTAR Tanoto Foundation (TF), mulai dari tahun 2018 sampai dengan saat ini.

"Dedikasi yang sangat luar biasa, karena mereka juga telah mendiseminasikan ilmu yang didapat kepada rekan-rekan kepala sekolah dan guru di sekolah non mitra TF," ucapnya, Minggu (22/5/22).

Kemudian kata dia, penghargaan untuk kategori aktivasi akun belajar.id yang diberikan terhadap sekolah yang telah melakukan aktivasi akun 100 persen, baik terhadap guru maupun peserta didik.

Selanjutnya, penghargaan untuk Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, Pengajar Praktik Guru Penggerak, Fasilitator Guru Penggerak dan Asesor Program Sekolah Penggerak diberikan kepada Sekolah, Pengawas, Kepala sekolah dan Guru yang lulus seleksi program tersebut.

"Seleksi ini dilakukan oleh Kemdikbud Ristek, dan alhamdulillah Kabupaten Siak memperoleh hasil yang sangat membanggakan. Terbukti sudah banyak sekolah yang di SK kan menjadi Sekolah Penggerak dan guru-guru di Kabupaten Siak yang lulus seleksi," terang Mahadar.

Program Sekolah Penggerak (PSP)

Program Sekolah Penggerak diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. PSP merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila. PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak (PSP) telah diluncurkan Pemerintah Provinsi Riau di tiga kabupaten kota. Tiga daerah menjadi pilot project program sekolah penggerak yakni Kabupaten Inhil, Siak dan Dumai. Program sekolah penggerak ini merupakan program Kemendikbud bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Saat ini sekolah penggerak di Kabupaten Siak sudah masuk angkatan ke 2 (dua), yang dimulai dari tahun 2021. Kepala sekolah dan guru dianggap sebagai motor penggerak dalam menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dapat dikembangkan.

Kepala sekolah dan guru yang ikut program ini, dilatih setelah melalui beberapa tes menjadi kepala sekolah penggerak.

"Sampai saat ini proses untuk menjadi kepala sekolah penggerak untuk angkatan 1 dan angkatan 2 sedang berjalan, untuk tahap awal ini nantinya mereka sebagai pilot project dalam rangka menerapkan kurikulum merdeka," ungkap Mahadar.

Guru-guru di Sekolah Penggerak mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menerapkan ‘Merdeka Belajar’ yaitu secara mandiri mengembangkan kompetensi diri melalui refleksi, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, aktif berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menerapkan nilai-nilai kebhinekaan, inklusi dan ramah anak.

Disampaikannya, keuntungan yang akan didapat bagi sekolah yang melaksanakan program Sekolah Penggerak, yaitu: peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 tahun, peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru, percepatan digitalisasi sekolah, kesempatan menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain, percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila, mendapatkan pendampingan intensif serta memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran dengan paradigma baru.

Pihaknya sedang melatih 50 guru penggerak se Kabupaten Siak mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA. Guru penggerak ini menjadi salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah di setiap jenjang.

"Mereka dilatih selama 6 bulan, dan setelah selesai diberikan sertifikat dan ini menjadi salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah," ujarnya.

Tujuan program ini lanjutnya agar para guru dapat menciptakan metode dan suasana belajar yang menarik serta efektif, kemudian diharapkan para pemimpin sekolah di masa depan nantinya akan berasal dari para alumni program guru penggerak ini.

Purwanti guru SDN 01 Muara Kelantan penerima penghargaan kategori Pengajar Praktik Guru Penggerak tahun 2022 menyampaikan, pengajar praktik adalah mitra dari guru penggerak yang mendampingi calon guru penggerak di lapangan atau di sekolah.

Menurutnya, praktik pengajar juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik mengevaluasi dan memberikan umpan balik kepada calon guru penggerak selama pendidikan.

Kata dia, 1 orang pengajar praktik, mendampingi 5 sampai 6 orang calon guru penggerak selama 6 bulan.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 3 Olak kecamatan Sungai Mandau, Hasmita menuturkan apa yang dilakukannya yaitu dengan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan kemudian didukung oleh operator sekolah yang aktif dan produktif, sehingga pekerjaan sekolah bisa selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Saya menjadi salah satu penerima apresiasi Kategori Sekolah yang sudah aktivasi akun pembelajaran 100 persen (belajar.id), semoga dengan adanya apresiasi ini dapat meningkatkan semangat berprestasi saya dan memotivasi rekan-rekan sejawat yang lain," tuturnya.

Masalah jaringan internet yang tidak stabil masih menjadi kendala, bagi peserta didik dan pengajar yang tinggal diwilayah dengan keterbatasan jaringan internet.***(infotorial/gus)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 26 Agustus 2022

Reses, Anggota DPRD Inhu Yurizal Siap Dorong Kemajuan Sektor Pertanian

Anggota DPRD Inhu Yusrizal menyerap aspirasi konstituen. Legislator itu siap mendorong kemajuan pertanian.

Kamis, 28 Juli 2022

New Colt L300 Resmi Diperkenalkan di Pekanbaru, Buktikan Ketangguhannya

New Colt L300 hadir di Pekanbaru. Varian terbaru ini miliki berbagai keunggulan. Buktikan.

Galeri
Kamis, 16 Juni 2022

Galeri Foto, Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP Dinkes Inhil

Dinas Kesehatan Inhil gelar penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP dan Bimtek Kader Keamana Pangan.

Advertorial
Selasa, 16 Agustus 2022

PHR Kontribusikan Rp 30 Triliun Penerimaan Negara

Setahun beroperasi, PHR memberi bukti kontribusi pada negara. Menyumbang Rp30 triliun

Advertorial
Senin, 15 Agustus 2022

Bupati Rezita Bersama Menteri KLH dan Gubri Hijaukan Bantaran Sungai Indragiri

Bupati Inhu Rezita bersama Menteri KLH dan Gubri menanam bibit pohon. Upaya menghijaukan bantaran Sungai Indragiri.

Galeri
Selasa, 14 Juni 2022

Galeri Foto,
Ketua DPRD Inhil H.Ferilyandi Pimpin Rapat Paripurna Besempena Milad Inhil ke-57

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir Dr H Ferryandi ST MT MM pimpin rapat paripurna yang bersempena dengan Milad Inhil ke-57, di Gedung DPRD Jalan Soebrantas Tembilahan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Bupati Tabur 20 Ribu Ekor Benih Kakap Putih

Bupati Muhammad Adil meninjau ruang pendederan ikan sekaligus menaburkan 20 ribu ekor benih ikan kakap putih di BBIP Dinas Perikanan Meranti.

Berita Lainnya

Jumat, 23 September 2022

Kampar Dirundung Duka, ASN Pemkab Kampar Irwan Junaidi Wafat


Jumat, 23 September 2022

Kapolresta Pekanbaru Berikan Reward Personel di Momen Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67


Jumat, 23 September 2022

Masyarakat Kualu Nenas, Tambang Tolak Pembangunan Gereja di SPN Polda Riau


Jumat, 23 September 2022

Diduga Serobot Lahan, Tiga Orang Dilaporkan ke Polsek XIII Koto Kampar


Jumat, 23 September 2022

Disdik Riau Turun Tangan Selesaikan Pengeroyokan di SMAN 1 Guntor, Kuansing


Jumat, 23 September 2022

Potensi Tingkatkan PAD, Bapenda Bengkalis Data dan Mutakhirkan Pajak Reklame


Jumat, 23 September 2022

Perusahaan Travel Umroh Panik, Tiket Masih Tinggi, Kini Vaksin Meningitis Langka


Jumat, 23 September 2022

DPRD Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD Kampar 2022


Jumat, 23 September 2022

Mahasiswa KKN Umri Kenalkan Literasi Digital pada Murid TK Aisyiyah Desa Tanjung Rambutan, Kampar


Jumat, 23 September 2022

Gandeng Cek Fakta dan Google News Initiative, AMSI Riau Taja Pelatihan Literasi Berita


Jumat, 23 September 2022

450 Personil Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti Salo Ditugaskan ke Papua Utara


Jumat, 23 September 2022

Bahas Kesiapan Porprov X Riau, Banggar DPRD Kuansing Rapat Bersama KONI dan PB


Jumat, 23 September 2022

PLN Sabet Penghargaan The Best SOE in Digital Service Transformation 2022


Jumat, 23 September 2022

Warga Stres di Plangiran, Inhil Terjun ke Laut dan Hilang


Jumat, 23 September 2022

Diserang Buaya Saat Cuci Pakaian, Warga Teluk Kabung, Inhil Lolos dari Maut


Jumat, 23 September 2022

Kerahkan Anjing Pelacak, Tim Gabungan Tak Temukan Narkoba di Kapal Milik Asian dan Pingkun


Jumat, 23 September 2022

Bupati Kasmarni Terima Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif


Kamis, 22 September 2022

Kemenkominfo Dan Siberkreasi Melakukan Literasi Digital Dengan Tema Pemasaran Melalui Facebook Untuk Wilayah Sumatra Dan Sekitarnya


Kamis, 22 September 2022

48 Kampung di Siak Ditargetkan Segera Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan


Kamis, 22 September 2022

Kasus Pengeroyokan Siswa SMA Guntor Akan Diselesaikan Secara Adat