Logo RTC
 
 
Paripurna HUT ke-238 Pekanbaru, Kota Bertuah, Bangkit Bersinergi Menuju Smart City Madani

RIAUTERKINI - PEKANBARU - DPRD kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna istimewa HUT ke-238 Kota Pekanbaru, Kamis (23/6/2022) di Balai Payung Sekaki gedung DPRD kota Pekanbaru.

Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi didampingi Tengku Azwendi Fajri. Turut hadir juga Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Pj wali Kota Pekanbaru Muflihun. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), para mantan Ketua DPRD Pekanbaru, pimpinan beserta anggota DPRD Riau, Lembaga Adat Melayu (LAM), mantan Wali Kota Pekanbaru, para OPD, para anggota dewan dan para tamu undangan lainnya.

Serangkaian prosesi pelaksanaan Paripurna HUT Pekanbaru ke-238 berjalan lancar, tidak ada batasan tamu pada HUT Paripurna Kota Pekanbaru pasca pandemi Covid-19, namun para tamu tetap dihimbau menggunakan masker.

Hut Pekanbaru ke-238 tahun 2022 ini mengangkat tema Pekanbaru Kota Bertuah, Bangkit Besinergi Menuju Smart City Madani.

Muhammad Sabarudi membuka secara resmi rapat paripurna ke-238. Dalam sambutannya Sabarudi menjelaskan secajarah singkat awal mula nama Kota Pekanbaru yang dahulu Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan.

Saat itu, Pekanbaru dipimpin seorang kepala suku disebut Batin. Hingga akhirnya, daerah yang disebut sebagai Senapelan ini terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru.

"Seiring berjalannya waktu, berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak," katanya saat Rapat Paripurna hari jadi Kota Pekanbaru ke-238 Tahun 2022.

Politisi PKS ini juga mengatakan, Senapelan yang kemudian lebih populer disebut Pekanbaru resmi berdiri pada Selasa, 21 Rajab 1204 H. 21 Rajab ini bersamaan dengan 23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah pemerintahan Sultan Yahya.

"Tanggal 23 Juni ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru," ujarnya.

Pada 20 Januari 1959 dikeluarkan Surat Keputusan dengan No. Des 52/1/44-25 yang menetapkan Pekanbaru sebagai Ibu kota Provinsi Riau. Sekaligus Pekanbaru memperoleh status Kotamadya Daerah Tinggat II Pekanbaru.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, M Sabarudi berharap Kota Pekanbaru semakin hari semakin meningkat tentunya, apa yang sudah baik tentu akan dipertahankan dan lalu dievaluasi.

"Hari ini sudah baik maka harus kita tingkatkan. Kita harus senantiasa mengevaluasi diri juga, apakah masih ada hal yang lerku kita perbaiki," terang M Sabarudi.

Dalam jangka waktu dekat, Legislatif dan Eksekutif akan bersinergi untuk meraih hal yang paling penting yang sebelumnya pernah diraih Kota Pekanbaru secara berturut-turut.

"Kita fokus ke penanganan banjir, permasalahan jalan berlubang dan terpenting piala adipura yang sudah lama tidak kita raih, akan kita fokuskan lagi," urai Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Terkait dengan persoalan jabatan di lingkungan Pemko Pekanbaru, dimana bagusnya pelayanan yang diterima masyarakat dicerminkan oleh bagusnya kinerja pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Yang namanya pimpinan itu harus sejalan, kalau tidak ya harus dievaluasi. Antara Wali Kota dengan OPD termasuk DPRD harus bersinergi," pungkasnya.

Hal senada diutarakan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, di tahun selanjutnya menginginkan Kota Pekanbaru ini lebih baik lagi, baik itu pemerintahan maupun masyarakatnya.

"Berharap lebih baik lagi. Kita menginginkan masyarakat yang peduli sama lingkungan sehingga Pekanbaru ini lebih baik dan lebih nyaman," harap Muflihun.

Dimasa kepemimpinannya ini, Muflihun menginginkan Pekanbaru meraih kembali penghargaan bergengsi sebelumnya. Caranya dengan menuntaskan program kerja prioritasnya.

"Kita tuntaskan program kerja kita, kita bangkitkan lagi perekonomian, tuntaskan banjir, sampah, jalan berlubang, pasar, pendidikan. Akan kita uraikan satu persatu, dan akan cari jalan keluarnya untuk lebih baik.

[ Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dalam sambutannga mengucapkan rasa kegembiraan sempena HUT Pekanbaru ke- 238. Pasalnya dengan penurunan angka Wabah Covid-19 serangkaian kegiatan peringatan hari jadi Pekanbaru bisa berjalan normal seperti awal sebelum pandemi.

"Alhamdulillah peringatan hari jadi Pekanbaru kali ini bisa kita gelar penuh dengan kegembiraan, karena kondisi pandemi sudah menunjukan penurunan dan membaik," ungkap Edy Natar.

Kota Pekanbaru yang kini berusia 238 menandakan bahwa Kota Pekanbaru merupakan kota bersejarah yang lahir dari dusun kecil dipinggir sungai siak yakni Dusun Senapelan.

Kepada tokoh-tokoh pejuang dan pendiri Kota Pekanbaru Edy Natar juga menyampaikan ucapan terimakasih, penghargaan dan penghargaan setinggi-tingginya kerena telah mengorbankan jiwa raga untuk Kota Pekanbaru sehingga berkembang pesat seperti sekarang.

"Perkembangan kota Pekanbaru yang kita rasakan saat ini menunjukkan pesatnya kota pekanbaru, dengan meningkatnya pembangunan menyebabkan meningkatkan kegiatan pendudukan disegala bidang. Sektor perdagangan dan jasa yang mendominasi pertumbuhan kota Pekanbaru yang menjelma menjadi kota madani," ujar Edy Natar lagi. (Dan)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 28 April 2022

Advertorial,
Sambut Idul Fitri, Asian Agri Gelar Bazaar Ramadan

Asian Agri, salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia menggelar Bazaar Ramadhan dengan menyediakan 18.000 liter minyak goreng dengan harga terjangkau.

Kamis, 21 April 2022

Bank Riau Kepri Raih 4 Penghargaan di Top BUMD Awards 2022

Peforma Bank Riau Kepri terus mendapat apresiasi. Sukses sabet empat penghargaan di Top BUMD Awards 2022.

Galeri
Rabu, 20 April 2022

Galeri,
Bupati Sukiman Lantik M. Zaki sebagai Sekda Rohul Defenitif

Bupati Sukiman resmi melantik danm mengambil sumpah M Zaki sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Berikut galerinya.

Advertorial
Kamis, 28 April 2022

Advertorial,
Pansus Konflik Lahan DPRD Riau Melakukan Konsultasi ke Dirjen Perkebunan RI

Menangani 19 kasus selama 6 bulan usianya, Pansus Konflik Lahan DPRD Riau melakukan konsultasi ke Dirjen Perkebunan RI.

Advertorial
Sabtu, 23 April 2022

Advertorial,
Koordinasi dan Konsultasi, Pansus LKPJ Kepala Daerah DPRD Riau Kunker ke DPRD DKI Jakarta

Pansus LKPJ Kepala Daerah Tahun 2021 DPRD Riau melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta untuk berkoordinasi dan konsultasi.

Galeri
Selasa, 19 April 2022

Galeri Foto
GSH Inhil Bekerja Sama BAZNas Salurkan Bantuan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

GSH Inhil bekerja sama BAZNas menyalurkan bantuan untuk anak berkebutuhan khusus.

Advertorial
Kamis, 21 April 2022

Advertorial,
Hari Kartini, Bank Riau Kepri Berikan Tabungan Sinar untuk 12 Wanita Hebat

Sebanyak 13 Kartini Masa Kini dari kabupaten dan kota di Riau mendapatkan penghargaan dari Bank Riau Kepri sempena Hari Kartini.

Berita Lainnya

Rabu, 29 Juni 2022

Advertorial,
Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Minta Pemprov Petakan Daerah Sumber Pangan Potensial


Rabu, 29 Juni 2022

Pansel Umumkan Daftar 3 Calon Kepala di 10 OPD Pemkab Siak


Rabu, 29 Juni 2022

PTPN V Raih 15 Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja


Rabu, 29 Juni 2022

Baru Uji Coba, Beli Petralite Pakai MyPertamina Belum Termasuk di Riau


Selasa, 28 Juni 2022

Kejati Riau Periksa Tiga Saksi Penyaluran Dana Bansos Siak


Selasa, 28 Juni 2022

Advertorial,
Komisi III DPRD Provinsi Riau Melalukan RDP dengan PT. SPR Terkait Kondisi Laporan Keuangan dan Evalu


Selasa, 28 Juni 2022

Gajah Liar Rusak Puluhan Hektar Kebun Sawit Warga, BBKSDA Diminta Turun Tangan


Selasa, 28 Juni 2022

Dipimpin Sekdaprov, Ini Capaian Deviden BUMD


Selasa, 28 Juni 2022

Advertorial,
DPRD Riau Menerima Studi Komparatif Banmus DPRD Jambi


Selasa, 28 Juni 2022

Pj Bupati Kamsol Canangkan Bulan Akshara Beriman di Kabupaten Kampar


Selasa, 28 Juni 2022

DPP Demokrat Minta Asri Auzar tak Gunakan Atribut PD Ancam Tempuh Jalur Hukum


Selasa, 28 Juni 2022

Kadisperindag Riau Masih Pelajari Kebijakan Beli Minyak Goreng Pakai KTP dan Aplikasi PeduliLindungi


Selasa, 28 Juni 2022

Siap Sukseskan Porprov, Persani Riau Tinjau Venue di Benai Kuansing


Selasa, 28 Juni 2022

Diskominfotik Meranti Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE


Selasa, 28 Juni 2022

PJ Bupati Kampar Silaturahmi ke Kantor PWI Kampar


Selasa, 28 Juni 2022

Satres Narkoba Polres Kampar Ciduk Seorang Pria dan Wanita Penyalahguna Narkoba di Bangkinang Kota


Selasa, 28 Juni 2022

Hasil Pendataan Ada 19.690 Tenaga Honorer di Pemprov Riau


Selasa, 28 Juni 2022

Komisi II DPRD Dukung Nano Filter di Perumdam Tirta Terubuk Bengkalis


Selasa, 28 Juni 2022

Bosan Janji Pemkab Kuansing, Induak-induak di Pangean Turun Perbaiki Kerusakan Jalan


Selasa, 28 Juni 2022

BRK Puji Polda Riau Cepat Proses Oknum Karyawannya Pelaku Fraud