Logo RTC
 
 
Advertorial,
Diskominfotik Meranti Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE

Riauterkini-MERANTI- Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada seluruh OPD Pemerintah Meranti, khususnya kepada kepala sub bagian umum, Selasa, (28/6/2022) di Gedung Afiffa Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Kepulauan Meranti, Drs. Irmansyah mengungkapkan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa tranformasi digital harus segera dilakukan.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya mengapresiasi kepada Dinas Kominfo Kepulauan Meranti yang telah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada hari ini, kegiatan ini sebagai wujud penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang terencana dan terpadu," ungkapnya.

Dijelaskan Irmansyah, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) adalah Penyelenggaraan Pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Pelaksanaan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Hal tersebut selaras dengan visi misi Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya pada misi yang ke-6 yaitu menciptakan tata kelola Pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab dalam memberikan layanan yang prima," ujarnya.

Selanjutnya, kata Irmansyah, agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan sesua yang diinginkan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap instansi Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan Pemerintahan Daerah.

"Agar penilaian ini dapat dilaksanakan secara efektif dan objektif, maka perlu disusun pedoman evaluasi yang dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ucapnya.

Dijelaskan lagi bahwa, tata kelola SPBE memiliki unsur-unsur SPBE secara terpadu meliputi arsitektur, peta rencana, rencana dan anggaran, proses bisnis, data dan informasi, insfratruktur aplikasi, serta layanan SPBE.

"Saya berharap kepada seluruh perangkat daerah mendukung penuh penerapan SPBE ini, di seluruh tingkatan pemerintahan mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Saya berpesan bagi semua, lakukanlah inovasi dalam bekerja serta bercepatan layanan publik yang akan berperan besar bagi kemajuan daerah,"tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Diskominfotik Meranti Muhlisin,S.Kom yang juga Ketua Pelaksana Kegiatan menyampaikan Penyelenggaraan SPBE menjadi salah satu indikator kunci mewujudkan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti yang ke-6.

"Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua sehingga Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terlaksana dengan baik," ujar Plt Kepala Diskominfotik Kepulauan Meranti.

Dijelaskan Muhlisin, bahwa sesuai dengan pedoman evaluasi SPBE, mengamanatkan seluruh instansi pemerintahan, Kementrian, lembaga serta pemerintah daerah menyelenggarakan SPBE.

"Penyelenggaraan SPBE menjadi salah satu indikator kunci mewujudkan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti yang ke-6 "Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggungjawab serta memberikan layanan prima," jelasnya.

Selanjutnya, transformasi diakui di seluruh layanan administrasi maupun layanan masyarakat adalah strategi target untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan masyarakat yang tepat, sehingga terwujudnya Kabupaten Kepulauan Meranti yang maju, Cerdas dan Bermartabat.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan yakni, Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Birokrasi Reformasi (Kemenpan-RB), Nomor 05 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE dan Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1530 Tahun 2021 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021.

"Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis ini, adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip dasar pelaksanaan Evaluasi SPBE dan membahas dan memahami prosedur penyusunan Laporan Evaluasi SPBE terkait Tata Kelola SPBE, Arsitektur serta Peta Rencana SPBE," ungkapnya.

Muhlisin juga mengatakan bahwa setelah pelaksanan bimtek, diskominfotik Kepulauan Meranti akan membentuk tim koordinasi sesuai tugas dan fungsi OPD masing-masing.

"Kemudian diadakan pertemuan rutin dalam rangka penginputan data-data indikator pendukung SPBE. Selanjutnya melakukan integrasi sistem yang telah dibangun," ucapnya.

Diskominfotik Kepulauan Meranti akan membangun Command Center yang merupakan pusat kendali data dari seluruh OPD yang ada. Hal ini dalam rangka mendukung Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai Wali Data Pemerintah Daerah untuk percepatan program satu Data Indonesia.

"Kita dan seluruh OPD pemda Meranti akan terus mengembangkan SPBE ini, dan nantinya kominfo akan membangun Command Center yang merupakan pusat kendali data seluruh OPD, hal ini mendukung Diskominfo sebagai wali data Pemerintah Daerah dan percepatan program satu Data Indonesia," pungkasnya.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik Provinsi Riau, Narasumber, Drs. Muhammad Arifin, M.Si, Irawaty, S.Kom, M.Si, dan Nofira Ismayani, S.Kom. Kemudian, peserta diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Kasubag Umum/Program dan ASN yang membidangi Teknologi dan Informasi di masing-masing OPD Kabupaten Kepulauan Meranti.***(adv)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Bupati Tabur 20 Ribu Ekor Benih Kakap Putih

Bupati Muhammad Adil meninjau ruang pendederan ikan sekaligus menaburkan 20 ribu ekor benih ikan kakap putih di BBIP Dinas Perikanan Meranti.

Kamis, 28 Juli 2022

New Colt L300 Resmi Diperkenalkan di Pekanbaru, Buktikan Ketangguhannya

New Colt L300 hadir di Pekanbaru. Varian terbaru ini miliki berbagai keunggulan. Buktikan.

Galeri
Kamis, 16 Juni 2022

Galeri Foto, Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP Dinkes Inhil

Dinas Kesehatan Inhil gelar penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP dan Bimtek Kader Keamana Pangan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Jenguk Masyarakat dan Sahabat di RSUD Meranti, Wabup H.Asmar: Jangan Putus Asa, Terus Ikhtiar

Wakil Bupati Meranti mengunjungi warga sekaligus sahabatnya yang sedang sakit. Ia menyemangati untuk terus berikhtiar mencari kesembuhan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Rekonsiliasi Stunting di Meranti : Laporkan Jika Ada yang Tidak Mendukung

Dukung penuh penanganan stunting di Meranti, Bupati berjanji akan menindak tegas mereka yang menghalangi.

Galeri
Selasa, 14 Juni 2022

Galeri Foto,
Ketua DPRD Inhil H.Ferilyandi Pimpin Rapat Paripurna Besempena Milad Inhil ke-57

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir Dr H Ferryandi ST MT MM pimpin rapat paripurna yang bersempena dengan Milad Inhil ke-57, di Gedung DPRD Jalan Soebrantas Tembilahan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Wabup Meranti H Asmar Tutup Secara Resmi Turnamen Sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup 1

Wakil Bupati Meranti menutup secara resmi Turnamen sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup I dan mengucapkan selamat kepada para pemenang.

Berita Lainnya

Jumat, 05 Agustus 2022

Satgas Waspada Investasi Hentikan investasi ilegal AGT


Jumat, 05 Agustus 2022

Revolusi Informasi Positif bagi Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah


Jumat, 05 Agustus 2022

Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Tabligh Akbar MUI Riau di Masjid Al Mujahidin


Jumat, 05 Agustus 2022

FKPMR Bersiap Gelar Bincang Migas Riau Bersama Hadirkan Direktur PHR dan BSP


Jumat, 05 Agustus 2022

Sembunyikan di Mulut, Pengedar Sabu di Bantan Tua, Bengkalis Diringkus Polisi


Jumat, 05 Agustus 2022

Bawaslu Bengkalis Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu


Jumat, 05 Agustus 2022

HPT Batang Lipai Siabu Kuansing Dibabat, DLHK Riau Panggil Saksi dan Pemilik Lahan


Jumat, 05 Agustus 2022

Baru 15 Tahun, 'Raja' Asal Riau Ini Jadi Mahasiswa Termuda UGM Yogyakarta


Jumat, 05 Agustus 2022

Antisipasi Covid-19 Berlanjut, BIN Riau Gelar Vaksinasi Booster di Inhu


Kamis, 04 Agustus 2022

Kacabwil II Disdik Riau Tinjau Lahan SMA Baru di Duri Timur, Warga Sambut dengan Antusias


Kamis, 04 Agustus 2022

Gubri Tanam Padi Gogo Spesifik Riau


Kamis, 04 Agustus 2022

Dua Atlet Bulutangkis Binaan PBSI Inhil, Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022


Kamis, 04 Agustus 2022

Tandatangani MoU, Jalin dan Bank Riau Kepri Kolaborasi Solusi Digital Banking


Kamis, 04 Agustus 2022

Nihil Kasus Covid-19, PTM di Kuansing Tetap Berlanjut 100 Persen


Kamis, 04 Agustus 2022

Istri Tak di Rumah, Pria di Kampar Ini Cabuli Anak Tirinya yang Sedang Beranjak Dewasa


Kamis, 04 Agustus 2022

BUMD Milik Pemda Kampar Diminta Bisa Ubah Konsep Pengembangan


Kamis, 04 Agustus 2022

Kontraktor Migas Riau Apresiasi PHR WK Rokan


Kamis, 04 Agustus 2022

Putra Bupati Bengkalis Akhiri Masa Lajang


Kamis, 04 Agustus 2022

DPC PBB Meranti Distribusikan Kartu Tanda Anggota


Kamis, 04 Agustus 2022

Pesawat Citilink Gagal Mendarat, Dua Pesawat Lainnya Mutar-mutar Hampir Satu Jam di Pekanbaru