Logo RTC
 
 
Berangkat Mandiri, Gubernur Riau Lepas 420 Atlet ke Fornas di Palembang

Riauterkini-PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy melepas keberangkatan kontingen Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VI yang akan berlangsung di Palembang, Sumsel, 1-7 Juli 2022.

Prosesi pelepasan itu dilaksanakan di halaman Gedung Wanita, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (30/6/2022). Hadir pada pelepasan itu Kadispora Riau Bobby Rachmat dan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Riau Doni Aprialdi SH, MH.

Pelepasan ditandai dengan pemasangan jaket kontingen Fornas Riau kepada sepasang atlet oleh Masrul Kasmy. Kemudian foto bersama. Selanjutnya, 209 orang atlet dari berbagai induk orahraga (inorga) naik ke lima bus yang membawanya ke Palembang.

Ketua KORMI Provinsi Riau Doni Aprialdi melaporkan pihaknya mengirim 420 atlet dan official dari 23 induk olahraga (inorga) ke Fornas VI, di Palembang, Sumsel, 1-7 Juli 2022. "Sebagian atlet, sekitar 50 orang sudah sampai di Pelembang. Besok akan berangkat lagi satu bus dan beberapa mobil," ujarnya.

Menurut Doni, para atlet ini berangkat dengan semangat dan untuk mengharumkan nama daerah Riau. "Kita berangkat dengan mandiri karena memang belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah. Beberapa bantuan dari pihak lain, baik perusahaan maupun pribadi, belum mencukupi. Namun mereka tetap semangat berangkat dengan biaya mandiri," kata mantan Kadispora Riau itu.

Dikatakan, biaya transportasi sekitar Rp 55 juta dan penginapan sekitar Rp120 juta belum lunas, baru dibayar uang muka. Mereka dapat bantuan dari pengusaha Dedi Handoko Rp10 juta, PT RAPP Rp5 juta, dan Bank Riaukepri baru disetujui Rp10 juta. Sebelumnya dari iuran inogra terkumpul Rp 20 juta.

"Nasi kotak 200 kotak pagi ini dari Pemko Pekanbaru dan 200 kotak snack dari Biro Umum Pemprov Riau," kata Doni. Jadi, masih banyak keperluan yang harus ditutupi. Namun pihaknya tetap optimis semua kebutuhan akan tertutupi bila Pemerintah Provinsi Riau turun tangan.

Gubernur Riau melalui Asisten I Setda Riau Masrul Kasmy berjanji akan membantu dengan menggalang dana dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Sebagai wujud niat baiknya, Masrul langsung membantu Rp5 juta. "Saya pribadi akan bantu Rp5 juta," ujarnya.

Masrul tampak bersemangat melihat atlet-atlet yang akan berangkat bersemangat. Bahkan, Masrul meminta atlet dansa untuk memperagakan seni dansa di depan dirinya. Tanpa musik, anak-anak tersebut berdansa didepan Masrul dan undangan lainnya.

Meskipun berangkat dengan segala keterbatasan, Masrul berharap atlet-atlet berbagai inorga yang tergabung dalam KORMI Riau pulang dengan prestasi gemilang. "Medali emas adalah harapan setiap atlet. Saya yakin Riau pulang dengan membawa medali dan jadi juara umum," ujarnya.

Yakin peroleh medali
Sebelumya, Doni Aprialdi mengatakan FORNAS ini seharusnya dilaksanakan tahun 2021 lalu. Namun karena pandemi Covid 19, ditunda jadi tahun ini. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dispora Riau agar biaya keberangkatan dapat dibantu melalui APBD Riau.

Awalnya, proposal sebesar Rp4 miliar dengan catatan naik pesawat. Setelah diverifikasi, dikurangi jadi Rp 450 juta karena naik bus. Bahkan ketika diusulkan ke Bappeda Riau jadi Rp400 juta. Namun setelah APBD disahkan, dana Fornas ini hilang dari APBD Riau.

Namun, kata Doni, setelah dirapatkan dengan inorga, bukan menyurutkan tekad mereka untuk berangkat. Malahan makin semangat berangkat dengan biaya masing-masing. "KORMI tentu tak mungkin lepas tangan," ujarnya.

Akhirnya disepakati ikut dan berangkat ke Palembang memakai bus. Pihak KORMI telah mencarter lima bus, dan selebihnya mobil pribadi. "Saya panjar aja dulu, biar atlet bisa berangkat. Soalnya bus juga susah masa liburan ini," kata Doni.

KORMI Riau menargetkan memperoleh medali dan jadi juara. Sebab, kata Doni, mereka mengikuti 23 indorga dari 52 indorga yang dipertandingkan. Apalagi para atlet telah latihan setahun lebih. "Kita yakinlah bisa juara dan meraih medali," ujarnya.

KORMI dulunya bernama FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Tapi setelah Munaslub 2021 dan terbentuknya UU No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, FORMI diubah jadi KORMI dan menghilangkan kata rekreasi.

Menurut Doni, KORMI mendukung kebijaksanaan nasional Disain Besar Olahraga Nasional (DBON). KORMI ikut mewujudkan Indonesia Bugar 2045.

"KORMI adalah ujung tombak di setiap daerah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," kata mantan Kadispora Riau itu.

Dari 23 inorga yang akan diikuti Riau, diantaranya Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia, Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia, Ikatan Langkah Dansa Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia, B Boyindo, Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia, dan Persatuan Raga dan Fisik Indonesia. ***(Rls)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Bupati Tabur 20 Ribu Ekor Benih Kakap Putih

Bupati Muhammad Adil meninjau ruang pendederan ikan sekaligus menaburkan 20 ribu ekor benih ikan kakap putih di BBIP Dinas Perikanan Meranti.

Kamis, 28 Juli 2022

New Colt L300 Resmi Diperkenalkan di Pekanbaru, Buktikan Ketangguhannya

New Colt L300 hadir di Pekanbaru. Varian terbaru ini miliki berbagai keunggulan. Buktikan.

Galeri
Kamis, 16 Juni 2022

Galeri Foto, Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP Dinkes Inhil

Dinas Kesehatan Inhil gelar penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP dan Bimtek Kader Keamana Pangan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Jenguk Masyarakat dan Sahabat di RSUD Meranti, Wabup H.Asmar: Jangan Putus Asa, Terus Ikhtiar

Wakil Bupati Meranti mengunjungi warga sekaligus sahabatnya yang sedang sakit. Ia menyemangati untuk terus berikhtiar mencari kesembuhan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Rekonsiliasi Stunting di Meranti : Laporkan Jika Ada yang Tidak Mendukung

Dukung penuh penanganan stunting di Meranti, Bupati berjanji akan menindak tegas mereka yang menghalangi.

Galeri
Selasa, 14 Juni 2022

Galeri Foto,
Ketua DPRD Inhil H.Ferilyandi Pimpin Rapat Paripurna Besempena Milad Inhil ke-57

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir Dr H Ferryandi ST MT MM pimpin rapat paripurna yang bersempena dengan Milad Inhil ke-57, di Gedung DPRD Jalan Soebrantas Tembilahan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Wabup Meranti H Asmar Tutup Secara Resmi Turnamen Sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup 1

Wakil Bupati Meranti menutup secara resmi Turnamen sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup I dan mengucapkan selamat kepada para pemenang.

Berita Lainnya

Jumat, 05 Agustus 2022

Satgas Waspada Investasi Hentikan investasi ilegal AGT


Jumat, 05 Agustus 2022

Revolusi Informasi Positif bagi Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah


Jumat, 05 Agustus 2022

Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Tabligh Akbar MUI Riau di Masjid Al Mujahidin


Jumat, 05 Agustus 2022

FKPMR Bersiap Gelar Bincang Migas Riau Bersama Hadirkan Direktur PHR dan BSP


Jumat, 05 Agustus 2022

Sembunyikan di Mulut, Pengedar Sabu di Bantan Tua, Bengkalis Diringkus Polisi


Jumat, 05 Agustus 2022

Bawaslu Bengkalis Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu


Jumat, 05 Agustus 2022

HPT Batang Lipai Siabu Kuansing Dibabat, DLHK Riau Panggil Saksi dan Pemilik Lahan


Jumat, 05 Agustus 2022

Baru 15 Tahun, 'Raja' Asal Riau Ini Jadi Mahasiswa Termuda UGM Yogyakarta


Jumat, 05 Agustus 2022

Antisipasi Covid-19 Berlanjut, BIN Riau Gelar Vaksinasi Booster di Inhu


Kamis, 04 Agustus 2022

Kacabwil II Disdik Riau Tinjau Lahan SMA Baru di Duri Timur, Warga Sambut dengan Antusias


Kamis, 04 Agustus 2022

Gubri Tanam Padi Gogo Spesifik Riau


Kamis, 04 Agustus 2022

Dua Atlet Bulutangkis Binaan PBSI Inhil, Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022


Kamis, 04 Agustus 2022

Tandatangani MoU, Jalin dan Bank Riau Kepri Kolaborasi Solusi Digital Banking


Kamis, 04 Agustus 2022

Nihil Kasus Covid-19, PTM di Kuansing Tetap Berlanjut 100 Persen


Kamis, 04 Agustus 2022

Istri Tak di Rumah, Pria di Kampar Ini Cabuli Anak Tirinya yang Sedang Beranjak Dewasa


Kamis, 04 Agustus 2022

BUMD Milik Pemda Kampar Diminta Bisa Ubah Konsep Pengembangan


Kamis, 04 Agustus 2022

Kontraktor Migas Riau Apresiasi PHR WK Rokan


Kamis, 04 Agustus 2022

Putra Bupati Bengkalis Akhiri Masa Lajang


Kamis, 04 Agustus 2022

DPC PBB Meranti Distribusikan Kartu Tanda Anggota


Kamis, 04 Agustus 2022

Pesawat Citilink Gagal Mendarat, Dua Pesawat Lainnya Mutar-mutar Hampir Satu Jam di Pekanbaru