Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Gaungkan Sustainable Fashion, APR Gandeng 5 Brand Lokal di JFW 2023

Riauterkini-JAKARTA – Produsen serat viscose rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) berkolaborasi dengan lima brand lokal dalam menampilkan koleksi yang mendukung sustainable fashion pada gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 di The City Hall, Pondok Indah Mall 3. Dalam fashion show yang diselenggarakan di hari terakhir perhelatan JFW 2023, APR berkolaborasi dengan BT Batik Trusmi, Everyday, Frederika, Geulis dan Olin Workrobe dalam menampilkan koleksi sustainable fashion bertemakan “I Love Viscose”. Seluruh koleksi yang ditampilkan menggunakan material dari serat viscose-rayon berkelanjutan yang diproduksi APR dan diaplikasikan dalam berbagai gaya, mulai dari batik kontemporer, konsep minimalis modern hingga praktikal.

“Hadirnya APR dalam Jakarta Fashion Week 2023 sejalan dengan komitmen kami dalam mendukung industri tekstil dan fashion berkelanjutan serta meningkatkan awareness mengenai sustainable fashion di dalam negeri. Ini juga sebagai komitmen kami untuk menyuarakan “Everything Indonesia”, dalam hal ini mendukung lebih banyak karya fashion yang berasal dari Indonesia dan untuk Indonesia,” ujar Zoey Rasjid, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon (APR).

Serat rayon memiliki tekstur lembut dan sejuk yang sangat tepat untuk diaplikasikan dalam material fesyen di iklim tropis seperti di Indonesia. Serat rayon juga bersifat versatile atau mudah untuk dikombinasikan dengan material lainnya, seperti katun, denim maupun spandex sehingga menghasilkan busana sehari-hari sesuai kebutuhan. Selain itu, menggunakan serat rayon artinya juga mendukung tren sustainable fashion karena material ini bersifat terbarukan dan biodegradable (mudah terurai). Oline Workrobe mengaplikasikan serat rayon APR dalam koleksi bergaya modern “NISKALA” dengan unsur warna hitam, putih, abu, dan krem yang dominan. Terinspirasi dari periode post-pandemic, NISKALA menunjukkan cara berpakaian yang lebih simple dan dinamis. Oline juga mengikutsertakan degradable fabric atau sisa kain produksi dalam koleksinya namun tetap terlihat stylish dan uptrend dengan permainan tekstur yang fun dan konstruktif.

Di kesempatan yang sama, FREDERIKA juga hadir membawakan koleksi terbarunya “SWEET PLANTATION” yang terinspirasi dari kompleks hutan tanaman industri (HTI) akasia di Riau yang dikelola oleh pemasok APR yakni APRIL Group. Dalam koleksi ini, FREDERIKA menceritakan keharmonisan antara kebutuhan manusia dengan alam yang dituangkan dalam batik cap berbentuk pola persegi yang menyimbolkan berkembangnya industri fashion tanah air ke arah yang lebih maju lagi.

Ada pula BT Batik Trusmi yang mengaplikasikan serat rayon dengan motif Ong Tien yang terinspirasi dari “Endless Knot” atau simpul tak berujung yang memiliki makna keberuntungan, kebijaksanaan, dan keabadian. Selain itu, BT Batik Trusmi juga menggunakan motif Sunan Gunung Jati yang terinspirasi dari ornamen yang ada di komplek pemakaman Sunan Gunung Jati serta motif pengantin Cirebon dengan motif bunga yang merepresentasikan ornamen pada keramik China, dan Mega Mendung sebagai bagian dari ciri khas Kota Cirebon.

Sementara itu, koleksi terbaru dari Everyday bernama “Shape & Form” mengangkat konsep minimalis dan praktikal, serta membawa konsep basic-with-a-twist dengan pilihan warna yang vibrant dengan motif kotak-kotak yang menjadi elemen utama. Koleksi bermotif kotak terinspirasi dari bentuk yang selalu kita temukan di perkotaan. Seluruh koleksi menggunakan material rayon dan campuran katun yang tidak hanya nyaman dipakai sehari-hari, tapi juga lebih ramah untuk lingkungan. Selain beberapa brand di atas, turut hadir brand Geulis yang menampilkan koleksi terbarunya yakni “Bloom Refresher Spring Summer 2023” yang perdana ditampilkan pada JFW 2023. Dalam rangkaian koleksinya, Geulis menampilkan siluet baju layering, celana potongan panjang, serta setelan yang fleksibel dan modern. Pada kesempatan ini, Geulis juga menampilkan tiga look terbaru untuk brand KASEP, lini brand terbaru untuk pria dengan spirit casual, urban, dan timeless.

Sebelumnya, APR mendukung terlaksananya kegiatan Lembaga Perancang Mode (LPM) pada tahun lalu yang menjadi rangkaian acara JFW setiap tahunnya. APR berencana untuk terus mendukung industri fashion tanah air dan dengan keterlibatannya di JFW 2023 diharapkan dapat menjadi medium untuk mengomunikasikan sustainable fashion melalui renewable rayon fibre products Sebagai informasi, APR turut hadir di Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 melalui kolaborasi dengan lima brand modest fashion untuk mendukung Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia. APR terus mendukung pengembangan industri fashion dalam negeri dan memperkenalkan fashion berkelanjutan.***(adv)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023