Logo RTC
Ratusan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Pendampingan UMKM Askrindo

Riauterkini-PEKANBARU-Sedikitnya-Sedikitnya, seratusan pelaku UMKM mengikuti kegiatan Pelatihan Pendampingan UMKM yang digelar Askrindo (PT Asuransi Kredit Indonesia) di Gedung Rektorat UIR, Kamis (24/11/22). Kegiatan Pelatihan Pendampingan UMKM yang bertajuk Melangkah Maju Bersama UMKM di Tanah Melayu ini bertujuan untuk mendampingi UMKM yang terkendala permodalan agar kita bisa membina UMKM di pengajian kredit modal ke perbankan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution ST, M.Si, Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof. Dr. H. Syafrinaldi SH., MCL dan jajarannya, Kabag KUR dan Program Kantor Pusat Askrindo, Teuku Arif Ridwan, Kabag Pemasaran Kanwil VI Askrindo, Salomo Panjaitan, Pimpinan Cabang Askrindo Pekanbaru, Dani Eka Putra dan pembicara, Arief Rahman Hakim dari BRI, Sarbaini Kadiskop Pekanbaru, Desi Mardianti dari pusat pengembangan karir UIR dan lainnya.

Kabag KUR dan Program Kantor Pusat Askrindo, Teuku Arif Ridwan mengatakan, PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo adalah sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa asuransi atau penjaminan. Perusahaan yang berdiri 6 April 1917 berdasarkan PP Nomor 1/1971 tertanggal 11 Januari 1971 ini memiliki misi dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna menunjang pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Kegiatan pendampingan UMKM ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka PT Askrindo (Persero) memberikan peran nyata kepada UMKM untuk berkekuatan serta menumbuh kembangkan usaha pelaku UMKM secara berkesinambungan. 

"Kegiatan pendampingan ini tujuannya adalah bagaimana kita menumbuhkan kemampuan UMKM di negeri Melayu. Kemudian juga dalam rangka pembangunan usaha serta memberikan giat-giat strategis dalam upaya memberikan nilai tambah terhadap produk UMKM yang saat ini di kembangkan oleh peserta UMKM," terangnya.

Menurutnya tidak kurang dari seratusan peserta yang mengikuti kegiatan ini. Baik dari kalangan pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam kelompok Kelompok Usaha Kembang Setaman 50 pelaku usaha UMKM dan 50 mahasiswa enterpreneur yang mulai berkegiatan di usaha UMKM.

Selain pendampingan, tambahnya, kegiatan ini juga menyalurkan CSR Askrindo berupa peralatan usaha seperti mesin jahit untuk peserta yang didominasi pelaku usaha bidang jahit menjahit dan peralatan usaha lainnya.

"Untuk Kelompok Usaha Kembang Setaman, penyaluran CSR berbentuk mesin jahit dan pelatihan marketing digital. UMKM mahasiswa dibantu barang barang dan modal usaha berupa peralatan usaha. Untuk Pusat Karier UIR disalurkan tenda boot untuk mahasiswa yang ingin berjualan sebagai bentuk usaha UMKM mahasiswa," terang Teuku Arief.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini adalah agar peserta dari pelaku usaha UMKM memperoleh ilmu serta menjembataninya untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan. Selain itu juga agar mahasiswa mengetahui secara real mengenai dunia usaha.

" Kegiatan pendampingan di Pekanbaru ini adalah kegiatan ke 5 dari 7 rangkaian kegiatan selama 2022. Setelah dari Pekanbaru ini, juga akan dilaksanakan di Kupang dan Bekasi" terangnya.

Pimpinan Cabang Askrindo Pekanbaru Dani Eka Putra mengatakan kegiatan pembinaan UMKM ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka PT Askrindo (Persero) memberikan peran nyata kepada UMKM untuk berkekuatan serta menumbuhkembangkan usaha pelaku UMKM secara berkesinambungan. 

Kegiatan pendampingan ini tujuannya adalah bagaimana kita menumbuhkan kemampuan UMKM dan dalam rangka pembangunan usaha serta memberikan giat-giat strategis dalam upaya memberikan nilai tambah terhadap produk UMKM yang saat ini di kembangkan oleh peserta UMKM.

"Sejauh ini, Askrindo Pekanbaru memiliki jumlah Debitur KUR se Provinsi Riau yang sudah kita lakukan penjaminan dari Januari sampai dengan Oktober 2022 sebanyak 35.762 UMKM dengan plafond kredit sebesar Rp 2.042.597.993.007," terangnya.

Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof. Dr. H. Syafrinaldi SH. MCL memberikan apresiasi kepada kegiatan yang dilaksanakan Askrindo. Karena kegiatan ini sangat memiliki manfaat terutama untuk mahasiswa enterpreneur. Karena mahasiswa UIR sudah memiliki prestasi di skala nasional. "Kita mengucapkan terimakasih kepada Askrindo yang menggelar kegiatan di UIR. Diharapkan ke depan akan semakin banyak mahasiswa UIR yang menjadi enterpreneur. Sehingga banyak mahasiswa yang menjadi pahlawan dunia kerja dan tidak selalu mengharapkan untuk menjadi ASN/PNS saja," terangnya.

UIR sebenarnya juga mengharapkan banyak mahasiswa UIR yang menjadi enterpreneur atau pelaku usaha mulai dari UMKM hingga berkembang ke level yang lebih tinggi ke depannya.

Plt Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution ST, M.Si mengatakan bahwa pemerintah kota Pekanbaru memberikan apresiasi kepada kegiatan yang dilaksanakan Askrindo. Diharapkan kegiatan inienjadi sarana bagi pengembangan UMKM yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang secara tidak langsung membantu pemerintah.

" Program pendampingan UMKM ini diharapkan akan dapat membantu usaha kecil di Pekanbaru maupun di wilayah Riau serta meningkatkan taraf dan pengembangan UMKM ke level yang lebih tinggi," terangnya.

Plt Sekdako Pekanbaru memuji mahasiswa yang ikut serta dalam enterpreneur di level UMKM. Menurutnya, usaha atau berbisnis itu memang sudah dilaksanakan sejak awal.

"Ke depan diharapkan para mahasiswa enterpreneur lebih bisa mengembangkan usahanya ke level yang lebih tinggi. Pemko Pekanbaru memiliki berbagai fasilitas untuk membantu. Selain itu, Pekanbaru juga memiliki Forum CSR yang bisa mensuppot pelaku UMKM dari kalangan mahasiswa mengembangkan usahanya," terang plt Sekdako Pekanbaru.*(H-we)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 25 Nopember 2022

Elegan dan Mewah, Honda WR-V Mengaspal di Riau

Honda WR-V resmi meluncur di jalanan Riau. Hadir dengan elegan dan mewah.

Rabu, 02 Nopember 2022

Adira Finance Pekanbaru, Gelar SOBAT Expo 2022

Adira Finance Pekanbaru, Gelar SOBAT Expo 2022.

Galeri
Rabu, 17 Agustus 2022

Galeri,
Momentum HUT ke-77 RI, Gubri Ajak Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Gubernur Riau ( Syamsuar mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Advertorial
Selasa, 08 Nopember 2022

Advertorial,
Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Terima Kunjungan Konsultasi dan Koordinasi Pansus DPRD Rohul

Ketua Komisi III DPRD Riau Terima Kunjungan Konsultasi dan Koordinasi Pansus DPRD Kabupaten Rohul.

Advertorial
Sabtu, 05 Nopember 2022

Advertorial,
992 Wisudawan UMRI Dikukuhkan, Athina Ibanez Oktaviolla Raih Pemuncak Tingkat Universitas

992 Wisudawan UMRI Dikukuhkan, Athina Ibanez Oktaviolla Raih Pemuncak Tingkat Universitas.

Galeri
Minggu, 14 Agustus 2022

Galeri,
Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2022, Gubri Syamsuar Tanam Pohon di Tahura SSH

Sempena Hari Konservasi Alam Nasional 2022, Gubri menanam pohon di Tahura Sultan Syarif Hasyim.

Advertorial
Kamis, 03 Nopember 2022

Advertorial,
Ketua DPRD Riau Dukung AMSI Perbaiki Ekosistem Bisnis Media

Konsistensi AMSI Riau memulihkan ekosistem bisnis media direspon legislator. Ketua DPRD Riau siap seiring-sejalan.

Berita Lainnya

Rabu, 30 Nopember 2022

Reses di Balik Alam, Masyarakat Doakan Syaiful Ardi Jadi Ketua DPRD


Rabu, 30 Nopember 2022

Ketua Komisi III Menjadi Narasumber Rakorwasda Provinsi Riau 2022


Rabu, 30 Nopember 2022

Indonesia Sustainable Fashion Conference Integrasikan Rantai Keberlanjutan di Industri Tekstil Dalam Negeri


Rabu, 30 Nopember 2022

Anggota Komisi I Mardianto Manan Hadiri Serah Terima 3 Eks Venue PON dari Pemprov ke UIR


Rabu, 30 Nopember 2022

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Tim OVOC IPB Kembangkan Komoditas Nanas dan Mangrove Penampi, Bengkalis


Rabu, 30 Nopember 2022

Stargazer, Cara Hyundai Manjakan Pengemudi


Rabu, 30 Nopember 2022

Diduga Cabuli Anak Dibawah Umur, Pria di Siak Ini Ditahan


Rabu, 30 Nopember 2022

Hingga Oktober 2022, Tercatat 172 Kasus HIV dan 138 AIDS di Pekanbaru


Rabu, 30 Nopember 2022

Rugikan Negara Rp2,9 M, Dua ASN Panwaslu Bengkalis 2015 Divonis 7 Tahun Penjara dan Wajib Ganti Rp1,468 M


Rabu, 30 Nopember 2022

AGPAII Kampar Gelar Event Akbar untuk Para Guru Agama Islam di Mahligai Bungsu Bangkinang


Rabu, 30 Nopember 2022

Reses Sederhana, Septian Nugraha Hadir di Kelurahan Gajah Sakti


Rabu, 30 Nopember 2022

Ali Azhar: Buruknya Kinerja Pemda Inhil Karena Lemahnya Fungsi Pengawasan Legislatif


Rabu, 30 Nopember 2022

Direktorat Intelkam Polda Riau Silaturahmi ke RPBD di Kabupaten Kuansing


Rabu, 30 Nopember 2022

Siapkan Strategi, Bawaslu Kampar Gelar Rapat Fasilitasi Penanganan Pelanggaran


Rabu, 30 Nopember 2022

Ungkap Kasus Narkoba dan Pembunuhan, 99 Personel Polres Bengkalis Terima Penghargaan


Rabu, 30 Nopember 2022

Tingkatkan Mutu Pelayanan Bibit, BPDAS Inrok Kunjungi Persemaian Rumpin


Rabu, 30 Nopember 2022

BRK Syariah Raih Penghargaan Bank Syariah Terbaik Kategori BPD


Selasa, 29 Nopember 2022

Putranya Disuntik Berkali-kali Mencari Pembuluh Darah, Ayah di Duri Ini Sesalkan Sikap Tim Medis RSUD Mandau


Selasa, 29 Nopember 2022

Personel Berprestasi Dapat Reward dari Kapolres Meranti


Selasa, 29 Nopember 2022

Kejari Inhil Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana, Narkotika dan Barang Rampasan