Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Antisipasi Karhutla, PT Arara Abadi Kembali Gelar Latgab Helitack Crew

Riauterkini - PEKANBARU - Setelah sukses melaksanakan Latgab (Latihan Gabungan) Helitack Crew BPBD Riau dan Siak serta Manggala Agni Wilayah Riau dan Daops Siak.

Kegiatan diawal Tahun 2023 ini sukses kembali PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau, selama dua hari (Sabtu-Minggu) Tgl. 18-19 Maret 2023 kembali melaksanakan Latgab (Latihan Gabungan).

Helitack Crew untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Riau dengan menambah kepersertaan stakeholders dari unsur TNI/Polri yaitu dari Kodim 0322 Siak dan Polres Siak bertempat di komplek dan Lapangan Bola Mess Karyawan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Di Bunut Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang-Perawang Kabupaten Siak dengan menggunakan sistim camp dan classroom.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 42 orang peserta juga dihadiri dan ditinjau langsung oleh Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja, SIK, Wakapolres Siak, Kompol Angga Wahyu Prihantoro, S.Sos, SIK, M.H, Kompol Tapip Usman (Kabag Sumda), Kabagops Polres Siak Kompol Nardy Marbun, Kasat Binmas, AKP Yusirwan, Iptu Azran (Paur Log), dan juga Kepala BPBD Siak yang diwakili oleh Kabid KL Sapriwal Milis, SP, dan FOM Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo, dan Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Nurul Huda.

Kegiatan dimulai dengan Apel Siaga dan bertindak sebagai inspektur upacara pada pembukaan Latgab sekaligus memberikan sambutan adalah Kabagops Polres Siak, Kompol Nardy Marbun, SH. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kejadian Karhutla selama ini di Riau bukan saja sudah menjadi isu lokal maupun nasional, namun telah menjadi perhatian dunia Internasional.

“Karhutla yang selama ini terjadi di Provinsi Riau, tidak hanya sudah menjadi isu lokal dan nasional, akan tetapi sudah menjadi isu dan perhatian dunia internasional, oleh sebab itu menjadi kewajiban kita semua untuk selalu siap siaga mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla agar tidak terjadi secara meluas, maka kita berharap sangat diperlukan kerjasama semua pihak untuk melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla di Riau terutama di kabupaten Siak.”

Selanjutnya FOM Head PT. Arara Abadi Priyo S. Utomo didampingi Penanggung Jawab Kegiatan, Decha A.F.Hane kepada media menyampaikan “Kegiatan Latgab ini merupakan bentuk tanggung jawab dan partisipasi perusahaan terhadap penetapan Status Siaga Karhutla yang telah ditetapkan oleh Gubernur Provinsi Riau H. Syamsuar pada tanggal 15 Februari 2023 yang lalu.

PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang juga merupakan bagian dari komponen Satgas Karhutla Provinsi Riau, selama ini selalu berperan aktif dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah di Riau dan Komponen masyarakat lainnya, baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan atau peanggulangan Karhutla.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas antar lembaga guna menghadapi musim kemarau yang sudah di depan mata sebagaimana informasi dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Tak terkecuali di Provinsi Riau, harapan kami dengan diadakan latihan gabungan ini, seluruh personil akan siap di turunkan kapan saja dalam menghadapi kemungkinan terburuk terjadinya Karhutla. selain itu.

Salah satu peserta Latgab Helitack Crew, Babinkamtibmas Polsek Dayun Kampung Dayun Bandar Seminai Polres Siak Aipda R. Nainggolan,SH., kepada media menyampaikan. “Jika saya boleh berkata jujur, kegiatan yang dilaksanakan PT Aara Abadi ini sangat luar biasa, karena tidak pernah kita dapati (helitack crew) seperti ini sebelumnya dan mungkin untuk hari kedua yaitu simulasi akan mirip dengan dilapangan, Dan sebagai Babinkamtibmas daerah Kampung Dayun Bandar Seminar selama ini daerah rawan karhutla.

amun sejak pertengahan 2019 sampai saat ini Karhutla di Kampung Dayun Bandar sudah sangat jauh berkurang, dengan kata lain selain kita mendengar dan mendapat arahan dari pimpinan, kita juga berkolaborasi dengan tiga pilar yaitu: TNI/Polri dan Penghulu untuk melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarkat dan sekolah-sekolah.

Harapan kita, kita dari Babinkabtibmas agar di bekali moduls atau maklumi sepert brosur, spanduk dan sinergitas seluruh komponen dan berbagai stakeholders yang ada di wilayah kita.”

Latgab diikuti sebanyak 42 Orang Peserta, diantaranya: dari Anggota Kodim 0322 Siak (5 orang), Polres Siak (12 Orang), Manggala Agni wilayah Riau (5 Orang), BPBD Kab. Siak (5 Orang), Manggala Agni Daops Siak (5 Orang), Tim Reaksi Cepat Fire Operational Management (FOM) PT. Arara Abadi-APP Sinar Mas (5 Orang), dengan tenaga Pelatih dari Pilot dan CoPilot PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Capt Pilot Adil Pribadi dan Copilot Indria Puji Astuti serta Pelatih dari TNI Pelda.Ramli Nasution Koramil 04/Perawang Kodim 0322/.Siak, dari FOM PT Arara Abadi Angga Saprianto, Richard Sudinardo Sihombing.***(rls)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Rabu, 19 Juni 2024

Perdana, Pemotongan Sapi Qurban di PWI Pelalawan Berjalan Lancar dan Sukses


Rabu, 19 Juni 2024

Vonis Bombeng, Terdakwa Perambah Hutan Lubuk Gaung Bengkalis Ditunda


Rabu, 19 Juni 2024

Libur Panjang Idul Adha, 122.102 Kendaraan Lewati Dua Ruas Tol di Riau


Rabu, 19 Juni 2024

Pasangan Nasir - Wardan Datangi LAM Riau Minta Tunjuk Ajar


Rabu, 19 Juni 2024

Nasarudin Fokus Bertarung di Pilkada Pelalawan


Rabu, 19 Juni 2024

Diserahkan Pj Gubri, Bahagianya Pegawai Pemprov Saat Menerima SK PPPK


Rabu, 19 Juni 2024

Pilkada Bengkalis, PKB Usung Petahana Kasmarni-Bagus Santoso


Rabu, 19 Juni 2024

Konferkab PWI Bengkalis, Panitia Buka Pendaftaran Balon Ketua


Rabu, 19 Juni 2024

Panglima Pucuk LLMB Riau Kepri Sumut Imbau PUPR Berhati-hati pada LLMB Pekanbaru


Selasa, 18 Juni 2024

Syamsurizal Minta Pengurus PPP Minta Dirinya Mundur Jangan Jadi Katak Dalam Tempurung


Selasa, 18 Juni 2024

Bersama Syamsurizal, Yopi Arianto Siap Maju Pilgub Riau 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Hadiri Haul Syekh Maksum Tambusai, Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar


Selasa, 18 Juni 2024

Mayat Pria di Sumur Tua di Rohil Ternyata Korban Pembunuhan


Selasa, 18 Juni 2024

PT SBP Rayakan Idul Adha dengan Penyaluran Hewan Qurban


Selasa, 18 Juni 2024

127 Hewan Kurban Disalurkan Pertamina Patra Niaga Sumbagut


Selasa, 18 Juni 2024

Potong 9 Ekor Hewan, Hajatan Kurban PWI Riau Jadi Ajang Silaturahmi


Selasa, 18 Juni 2024

Kolaborasi dengan FIF Group, Capella Honda Berbagi ke Tiga Panti Asuhan


Selasa, 18 Juni 2024

Ratusan Kantong Daging Kurban Nasdem Riau Dibagikan ke Masyarakat


Selasa, 18 Juni 2024

Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban


Selasa, 18 Juni 2024

Lima Komposer Terpilih untuk Malam Puncak Rarak Cipta Musik DKR 2024