Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
PTPN V Dianugerahi The Most Profitable & Cash Liquid serta The Most Agile Company



Pekanbaru - PT Perkebunan Nusantara V dianugerahi sebagai The Most Profitable & Cash Liquid serta The Most Agile Company terbaik oleh Holding Perkebunan Nusantara III Persero dalam ajang Liga PTPN Award 2023, Regroup to Boost Sustainable Growth: Plantformation PTPN Secret Garden Gala.

The Most Profitable & Cash Liquid atau perusahaan teruntung dari sisi rasio merupakan penghargaan Holding Perkebunan atas capaian PTPN V yang berhasil mencatat persentase Rasio Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) Core terhadap Revenue dan Rasio Arus Kas Operasional terhadap Liabilitas jangka pendek terbaik di tahun 2022.

Sementara kategori TerGesit atau The Most Agile merupakan penghargaan kepada PTPN V yang dinilai paling gesit, proaktif, dan mandiri dalam implementasi EBITDA Transformation, kedisiplinan terhadap pelaksanaan inisiatif program, serta telah melakukan penyampaian data laporan secara valid.

Untuk kategori The Most Profitable & Cash Liquid sendiri ditorehkan PTPN V usai mencatat kinerja solid sepanjang 2022 dengan berhasil mencatat pendapatan laba bersih sebesar Rp1,52 triliun. Secara keseluruhan, pada 2022 lalu, perusahaan mencatat pendapatan mencapai Rp8,46 triliun atau melampaui rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) sebesar 116,89 persen. Dari sisi aset juga terjadi peningkatan mencapai Rp12,26 triliun atau 111,67 persen dari RKAP yang ditetapkan.

Catatan gemilang tersebut ditopang dengan peningkatan kinerja operasional, mulai dari peningkatan hasil produksi tandan buah segar (TBS) yang mencapai 2,65 juta ton, produksi crude palm oil atau CPO 578,000 ton dengan produktivitas CPO 5,6 ton per hectare, serta produktivitas TBS sebesar 24,05 ton per hektare. Selain itu, pendekatan teknologi juga berperan penting dalam proses bisnis perusahaan perkebunan plat merah tersebut.

Laba bersih sepanjang 2022 tersebut juga mengantarkan PTPN V meraih laba bersih tertinggi sepanjang sejarah ketiga kalinya dalam tiga tahun berturut-turut. Di awali tahun 2020 sebesar Rp417 miliar atau melonjak 620 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan pada 2021 perusahaan kembali melampaui prestasi sebelumnya dengan laba tertinggi pertama di atas satu triliun rupiah sebesar Rp1,3 triliun.

Begitu juga untuk Kategori TerGesit atau The Most Agile yang merupakan bagian dari tahapan transformasi PTPN V dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Selanjutnya, digitalisasi yang diusung Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa sejak resmi memegang kendali PTPN V pada 2019 silam menjadi bagian dari strategi transformasi untuk membawa perubahan signfikan di perusahaan.

Selain dua penghargaan di atas, secara keseluruhan PTPN V menyabet sembilan penghargaan prestisius dalam ajang yang sama. PTPN V menjadi anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang mendapat penghargaan terbanyak dibandingkan seluruh anak perusahaan perkebunan negara lainnya.

Penghargaan lainnya yakni peringkat pertama untuk kategori Investasi On Farm Kelapa Sawit Terbaik. Dalam program investasi di bidang perkebunan, PTPN V dinilai berhasil melaksanakan program peremajaan sawit inti dengan kriteria pencapaian persentase luas dan waktu penyelesaian tanaman tahun ini (TTI), serta persentase mutasi tanaman belum menghasilkan (TBM) ke tanaman menghasilkan (TM) serta produktivitas TM satu.

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa di Pekanbaru, Kamis (25/5/2023) mengatakan penghargaan tersebut ia dedikasikan kepada seluruh karyawan PTPN V yang terlibat aktif dalam beragam transformasi sepanjang empat tahun terakhir.

"Alhamdulillah, transformasi yang kita usung sejak 2019 telah membuahkan hasil dengan menjadikan kinerja PTPN V tetap solid dan terus tumbuh positif di tengah ketidakpastian ekonomi global serta berkontribusi dan mengambil peran dalam pemulihan ekonomi. Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh rekan-rekan karyawan PTPN V," kata Jatmiko di sela-sela agenda syukuran atas raihan penghargaan PTPN V Prestigious 10 di Kantor Direksi, Kota Pekanbaru.

Kepada seluruh jajaran manajemen dan perwakilan karyawan, Jatmiko menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap insan PTPN V atas beragam penghargaan yang diraih tersebut. Ia mengatakan bahwa PTPN V saat ini telah memantaskan diri sebagai salah satu anak perusahaan plat merah terbaik di Indonesia.

"Semangat, tekad, komitmen, dan kerja keras teman-teman semua adalah kunci utama transformasi yang dilakukan bersama selama tiga tahun terakhir ini. Terima kasih," tutur sosok yang berhasil membawa PTPN V Hattrick kinerja terbaik sepanjang sejarah itu.

"Bahwa perubahan itu adalah keniscayaan. Perbaikan dan perubahan harus dilakukan bersama, bergerak bersama. PTPN V harus berubah untuk menjadi perkebunan sawit terbaik di Indonesia," lanjutnya.

Lebih jauh, dalam ajang penghargaan PTPN Award 2023, PTPN V turut merengkuh predikat Juara II untuk kategori Investasi Off Farm Kelapa Sawit Terbaik, Operational Excellence Off Farm Kelapa Sawit Terbaik, serta Operational Excellence On Farm Kelapa Sawit Terbaik.

Dari sisi unit usaha, perusahaan perkebunan milik negara yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau tersebut turut menyabet penghargaan berupa Juara 3 Pabrik Kelapa Sawit Terbaik yang diraih pabrik kelapa sawit (PKS) Tandun, Juara 4 Kebun Kelapa Sawit Terbaik yang diraih Kebun Tamora, serta Juara 5 Pabrik Kelapa Sawit Terbaik yang diraih PKS Sei Pagar.

Penghargaan itu kian lengkap setelah belum lama ini PTPN V mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian sebagai salah satu perusahaan perkebunan di Indonesia yang berhasil melaksanakan pola kemitraan terbaik dalam upaya peremajaan sawit rakyat. Penghargaan “Role Model Pola Pelaksanaan Kemitraan Terbaik dalam PSR” tersebut menempatkan PTPN V sebagai satu-satunya perusahaan milik Negara yang meraih penghargaan tersebut.

Secara keseluruhan PTPN V meraih 10 penghargaan di semester pertama 2023 ini sehingga manajemen melaksanakan syukuran dalam agenda bertema Prestigious 10 di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Komisaris Utama PTPN V, Fauzi Yusuf, SEVP Operation PTPN V Ospin Sembiring, SEVP Business Support PTPN V Rurianto, Ketua SPBUN Asmanudin Sinaga, para kepala bagian, manajer kebun PKS, serta perwakilan petani mitra.

Jatmiko berpesan bahwa transformasi adalah kunci untuk menghadapi beragam perubahan. Sementara perubahan sendiri adalah sebuah keniscayaan yang tak mungkin terhindarkan.

Ia menuturkan semangat perubahan diimplementasikan dalam penciptaan keunggulan kompetitif di bidang SDM dan penerapan Teknologi 4.0 serta impelementasi Operating Excellence, Precision Farming, Commodity Re-focused, dan Cost Efficiency. Seluruh Grand Strategy ini diakselerasi melalui semangat transformasi digital, transformasi human capital, serta penerapan good corporate governance.

Alhasil, dalam empat tahun terakhir, ragam inovasi dan kebijakan yang telah ditempuh menjadi cikal bakal munculnya beragam inovasi berbasis digitalisasi, mulai dari Sawit Rakyat Online, Dekarbonisasi, Digitalisasi, NBEX, Millena, Olidos, Intank yang seluruhnya menjadi program pionir PTPN V dan telah diterapkan sejumlah anak perusahaan di bawah Holding Perkebunan.

"Kami di PTPN V percaya bahwa industri kelapa sawit bukan hanya terbatas pada komoditas strategis dan prospektif untuk meningkatkan ekonomi, melainkan juga berbasis lingkungan. Untuk itu, PTPN V berkomitmen menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan menjadikan green energy sebagai bagian dari perjalanan perusahaan," demikian Jatmiko.***(arl)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Rabu, 19 Juni 2024

Vonis Bombeng, Terdakwa Perambah Hutan Lubuk Gaung Bengkalis Ditunda


Rabu, 19 Juni 2024

Libur Panjang Idul Adha, 122.102 Kendaraan Lewati Dua Ruas Tol di Riau


Rabu, 19 Juni 2024

Pasangan Nasir - Wardan Datangi LAM Riau Minta Tunjuk Ajar


Rabu, 19 Juni 2024

Nasarudin Fokus Bertarung di Pilkada Pelalawan


Rabu, 19 Juni 2024

Diserahkan Pj Gubri, Bahagianya Pegawai Pemprov Saat Menerima SK PPPK


Rabu, 19 Juni 2024

Pilkada Bengkalis, PKB Usung Petahana Kasmarni-Bagus Santoso


Rabu, 19 Juni 2024

Konferkab PWI Bengkalis, Panitia Buka Pendaftaran Balon Ketua


Rabu, 19 Juni 2024

Panglima Pucuk LLMB Riau Kepri Sumut Imbau PUPR Berhati-hati pada LLMB Pekanbaru


Selasa, 18 Juni 2024

Syamsurizal Minta Pengurus PPP Minta Dirinya Mundur Jangan Jadi Katak Dalam Tempurung


Selasa, 18 Juni 2024

Bersama Syamsurizal, Yopi Arianto Siap Maju Pilgub Riau 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Hadiri Haul Syekh Maksum Tambusai, Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar


Selasa, 18 Juni 2024

Mayat Pria di Sumur Tua di Rohil Ternyata Korban Pembunuhan


Selasa, 18 Juni 2024

PT SBP Rayakan Idul Adha dengan Penyaluran Hewan Qurban


Selasa, 18 Juni 2024

127 Hewan Kurban Disalurkan Pertamina Patra Niaga Sumbagut


Selasa, 18 Juni 2024

Potong 9 Ekor Hewan, Hajatan Kurban PWI Riau Jadi Ajang Silaturahmi


Selasa, 18 Juni 2024

Kolaborasi dengan FIF Group, Capella Honda Berbagi ke Tiga Panti Asuhan


Selasa, 18 Juni 2024

Ratusan Kantong Daging Kurban Nasdem Riau Dibagikan ke Masyarakat


Selasa, 18 Juni 2024

Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban


Selasa, 18 Juni 2024

Lima Komposer Terpilih untuk Malam Puncak Rarak Cipta Musik DKR 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Bupati Afrizal Sintong Resmikan Vihara Setya Kirti di Kota Terapung Panipahan, Rohil