Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Perluas Pemanfaatan EBT, PTPN Group Raih Penghargaan Asean Energy Awards 2023

Riauterkini - PEKANBARU-Holding Perkebunan Nusantara, melalui anak perusahaannya yaitu PTPN V, berhasil meraih penghargaan sebagai second runner up dalam kategori Renewable Energy for Cogeneration.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi dalam pengembangan pembangkit tenaga biogas hasil kolaborasi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional di Pabrik Kelapa Sawit Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Riau. PTPN V menjadi satu-satunya perusahaan perkebunan milik negara yang menerima penghargaan dalam kategori ini.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Perubahan Iklim Malaysia, Nik Nazmi Bin Nik Ahmad, kepada Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa.

Acara penghargaan ini berlangsung dalam ajang Asean Energy Awards (AEA) 2023, yang merupakan bagian dari rangkaian 41st ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) dan ASEAN Energy Business Forum di Nusa Dua, Bali, pada Jumat malam (25/08/23).

Dalam kesempatan tersebut, Jatmiko mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan dewan penilai atas penghargaan ini. Ia juga menyatakan bahwa prestasi positif ini merupakan hasil dari transformasi masif yang sedang berlangsung di PTPN Group.

“Penghargaan internasional ini akan memberikan motivasi lebih bagi perusahaan untuk terus mengembangkan pemanfaatan energi baru terbarukan sebagai bagian integral dari operasi perusahaan perkebunan milik negara,” ujarnya.

Jatmiko lebih lanjut mengungkapkan, bahwa PTPN V terus berupaya mengoptimalkan sinergi dan transfer pengetahuan dengan berbagai pihak dalam upaya memperkuat pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Perusahaan ini telah berhasil membangun lima instalasi pembangkit tenaga biogas (PTBG) melalui kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional serta perusahaan swasta. Selain itu, anak perusahaan Holding Perkebunan yang akan bergabung dengan PalmCo saat ini juga menjalin kerja sama dengan Korea Selatan dan Jepang untuk memperkuat pemanfaatan biogas.

Jatmiko menekankan bahwa pencapaian ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk menghasilkan produk minyak sawit yang berkelanjutan (sustainable palm oil), yang telah diimplementasikan sejak tahun 2019.

“Upaya dekarbonisasi dan pemanfaatan energi terbarukan menjadi salah satu program yang mengalami percepatan,” tambahnya.

Dalam konteks ini, Jatmiko menegaskan bahwa PTPN V, yang juga ditasbihkan Holding Perkebunan sebagai perusahaan teradaptif dan teruntung di PTPN Group pada tahun 2022, akan meningkatkan fokus pada pemanfaatan energi yang ramah lingkungan dalam operasionalnya dimana terbukti selama 4 tahun terakhir PTPN V telah menyelesaikan pembangunan 1 Pembangkit Listrik Tenaga Biogas dan 1 Pembangkit Tenaga Bilogas Cofiring hasil kolaborasi BRIN, serta 3 PTBG Cofiring hasil pembangunan mandiri.

Dekarbonisasi untuk Memperkuat ESG

Sementara itu, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, menjelaskan bahwa program pengembangan energi baru terbarukan sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan terhadap Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) yang diterapkan secara berkelanjutan oleh PTPN Group.

Ghani juga merujuk pada pencapaian baru-baru ini, di mana PTPN Group meraih posisi teratas dalam peringkat dunia dalam penerapan ESG, mengungguli 108 perusahaan sektor pertanian lainnya dari Sustainalytics. Lembaga pemeringkat ESG terkemuka yang beroperasi selama 30 tahun itu memberikan penilaian komprehensif dan memberikan rating ESG sebesar 17,1 untuk PTPN III (Persero).

“Pencapaian ini menempatkan Holding Perkebunan Nusantara di posisi yang lebih baik daripada empat perusahaan pertanian besar dunia lainnya, yakni COFCO International (HK) Ltd., Marinasol Holding Plc, Tereos SCA, dan Louis Dreyfus Co. BV,” ujar Ghani.

“Insya Allah dibawah dukungan Pemegang Saham dan kolaborasi berbagai pihak dalam dan luar negeri, kita akan semakin berperan aktif guna mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi sebesar 29% (dengan usaha sendiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada tahun 2030," tegasnya lagi.

Sebagai catatan, PTPN V sebelumnya telah meraih penghargaan dalam Asean Energy Award yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang energi di ASEAN, dan ini telah menjadi tradisi sejak tahun 2000.

Pada tahun 2014, PTPN V berhasil meraih juara pertama dalam kategori Off Power melalui proyek PLTBg Tandun. Pembangkit ini mencerminkan semangat PTPN V dalam memperluas pemanfaatan EBT hingga akhirnya menjadikan perusahaan ini sebagai pemain utama dalam pemanfaatan PTBG di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara.***(rls)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 Juli 2024

Pengukuhan IMRA RAPP: Semangat Ukhuwah dan Dakwah di Riau Kompleks

Pengukuhan IMRA RAPP yang baru saja berlangsung merupakan wujud semangat ukhuwah dan dakwah di Riau Kompleks.

Galeri
Selasa, 16 Juli 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Advertorial
Sabtu, 13 Juli 2024

Beri Pelayanan Kesehatan Terbaik, Pemkab Siak Siapkan Rp 37 Miliar Dukung UHC

Pemkab Siak siapkan anggaran Rp 37 miliar dukung UHC. Wujudkan layanan kesehatan terbaik.

Advertorial
Jumat, 12 Juli 2024

Gelar Pasar Murah Upaya Pemkab Siak Tekan Inflasi

Pemkab Siak punya cara jitu atasi inflasi. Sesering mungkin gelar Pasar murah.

Galeri
Senin, 24 Juni 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Sabtu, 06 Juli 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024.

Berita Lainnya

Sabtu, 20 Juli 2024

Antisipasi Lakalantas, 50 Siswa SMKN 5 Pekanbaru Ikuti Pendidikan Honda Safety Riding


Sabtu, 20 Juli 2024

Penjual Sabu di Sungai Salak Inhil Diringkus Polisi


Sabtu, 20 Juli 2024

Dua Petinggi Partai Gerindra dan Demokrat Hadiri Deklarasi Nasir - Wardan


Sabtu, 20 Juli 2024

PON Aceh-Sumut, Satu Pebasket Putri Bengkalis Perkuat Riau


Sabtu, 20 Juli 2024

Polres Inhil Sertijab Kabag Log, Kasat Binmas dan Dua Kapolsek


Sabtu, 20 Juli 2024

Dishub Riau Bersama Ditlantas Jaring 118 Kendaraan Penumbar di Pelalawan


Sabtu, 20 Juli 2024

DXPO by Danamon di Central Park Mall, Tawarkan Berbagai Solusi Keuangan dan Promo Istimewa


Sabtu, 20 Juli 2024

Beli Tiket Speed Boad Kian Mudah, Easybook E-Ticketing Segera Hadir di Kota Tembilahan.


Sabtu, 20 Juli 2024

Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai


Sabtu, 20 Juli 2024

Polisi Ringkus Tersangka Pemerkosa dan Aniaya Mahasiswa di Bengkalis


Jumat, 19 Juli 2024

Menuju Pilgubri, Ketum Golkar Serahkan SK Calon Gubernur Riau Syamsuar - Mawardi Saleh


Jumat, 19 Juli 2024

Rajak Parulian Terpilih sebagai Ketua Apdesi Pelalawan 2024-2029


Jumat, 19 Juli 2024

Nyaris Timpa Pengendara Sepeda Motor, Sebagian Atap Pentas Lapangan Tugu Bengkalis Runtuh


Jumat, 19 Juli 2024

Dilaporkan Hilang Empat Hari, Seorang Kakek di Pekanbaru Ditemukan Meninggal Dunia


Jumat, 19 Juli 2024

Jumat Berkah, Perempuan LAM Riau Bagikan Makanan Melayu untuk Warga


Jumat, 19 Juli 2024

Deklarasi Pasangan Nasir-Wardan Besok Dihadiri Petinggi DPP Gerindra


Jumat, 19 Juli 2024

Kadiskes Inhu Uji Coba IPAL Puskesmas Air Molek


Jumat, 19 Juli 2024

Pj Sekda Indra Launching Sistem Elektronik Layanan Aduan Digital di RSUD Petala Bumi


Jumat, 19 Juli 2024

Rahn Emas Tumbuh, BRK Syariah Taja Pelatihan dan Sertifikasi Penaksir Emas


Jumat, 19 Juli 2024

Gelar Ngopi Kerukunan, Wabup Siak Sebut Peran FKUB Signifikan Bantu Pemerintah Daerah