Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Berkat Irama Desa, Pelayanan Terhadap Masyarakat Inhu Terus Meningkat

Riauterkini-RENGAT-Komitmen peningkatan pelayanan terhadap masyarakat terus dilakukan Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, dengan program Bupati Rezita Menyapa Desa (Irama Desa) pelayanan terhadap masyarakat terus meningkat. Tidak hanya melihat kondisi ekonomi secara langsung, berkat Irama Desa pelayanan publik yang disediakan bagi masyarakat di 14 kecamatan se-Inhu mengalami peningkatan dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Terus meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat berkat program Irama Desa kembali terjadi saat Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengunjungi Kecamatan Batang Cenaku pada Sabtu 26 Agustus 2023, selain bersilaturahmi dan melihat ekonomi masyarakat secara langsung. Bupati Rezita juga melihat masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan meningkat sebanyak 343 orang dalam pembuatan KTP.

"Progran Irama Desa ini membawa pelayanan publik diantaranya, Disdukcapil, Disperindag, DPMPTSP, dan Bapenda Kabupaten Inhu dan pada kesempatan ini, saya mengajak kepada masyarakat agar dapat membayar pajak sebagai bentuk tanggungjawab warga negara yang baik," tegasnya.

Keberhasilan program Irama Desa mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat, sebagaimana disampaikan Indro Suryo Wibowo Kepala Desa Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku, Inhu yang mengucapkan terimakasih atas pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat Kecamatan Batang Cenaku.

"Dengan adanya Irama Desa ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan, selain itu pelayanan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat juga sangat mudah diakses seperti pelayanan Disperindag dan Bapenda," ujarnya.

Dalam kunjungan di Desa Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku, Inhu Bupati Rezita selain meresmikan Ruko Bumdes yang menjadi Wadah untuk masyarakat Bukit Lipai berusaha, Bupati Rezita juga menyerahkan bantuan secara simbolis untuk korban kebakaran rumah dari BAZNAS Inhu dan Pemda Inhu serta penyerahan Kartu identitas Anak (KIA), penyerahan bukti setor pembayaran pajak dari Bapenda Inhu serta pemberian bibit tanaman dan pemberian cendramata untuk peserta sunat masal.

Memasuki kecamatan terakhir dalam program Irama Desa di Kecamatan Batang Cenaku ini, Bupati Rezita juga menyempatkan diri menjadi pembina upacara pembukaan jambore Pramuka ranting satu Kecamatan Batang Cenaku, Inhu tahun 2023 sekaligus penyematan tanda peserta jambore bagi putra dan putri.

"Semoga kegiatan jambore mulai dari pembukaan hingga penutupan nantinya dapat berjalan aman dan lancar, buat adik-adik dapat melihat dari segi manfaatnya." tandasnya.

Diungkapkanya, beberapa waktu lalu dirinya mendapat pengjargaan lencana darma bakti di lapangan utama Buperta Cibubur, Jakarta Timur, pada 13 Agustus 2023. Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan Pramuka di Inhu, dengan harapan gerakan Pramuka bisa terus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Indragiri Hulu.

"Semoga kegiatan pramuka ini dapat membentuk karakter-karakter anak pramuka yang berprestasi, kompak dan tangguh kedepannya." harapnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di Desa Bukit Lipai, Bupati Rezita dan rombongan berkunjung ke Gedung Serbaguna desa Bukit Lipai yang tengah menggelar sunat untuk 30 orang anak. Selain menyapa, Bupati Rezita juga memberikan semangat secara langsung ke anak-anak yang akan mengikuti sunat massal.

Penurunan angka stunting juga menjadi perhatian serius Bupati Rezita Meylani Yopi, seusai dari Desa Bukit Lipai Bupati Rezita bertolak ke Desa Siaga stunting Bukit Lingkar (SIBULING) guna melaunching klinik desa siaga stunting. Bupati Rezita Meylani Yopi juga mengapresiasi ide-ide dari seluruh pihak Desa Bukit Lingkar demi menurunkan angka stunting di desa tersebut.

"Dengan adanya klinik SIBULING dapat menjadi contoh bagi desa-desa di Inhu. saya berharap klinik SIBULING dapat masuk ke Suku Talang. Ingat posyandu rutin setiap bulan." ucapnya.

Komitmen penurunan angka stunting juga dilakukan Bupati Rezita dengan pengukuhan pengelola, pembacaan komitmen, penyerahan dan pembacaan SK pedoman SIBULING serta penyerahan secara simbolis 1.000 tanaman toga kepada masyarakat.

"Masalah stunting ini merupakan masalah bersama, kegiatan ini dilakukan untuk wadah dalam memecahkan masalah," tegas Kepala Desa Bukit Lingkar Agus Suprianto.

Menutup kegiatan Irama Desa di Kecamatan Batang Cenaku, Bupati Rezita menyerahkan BLT Dana Desa (DD) Desa petaling Jaya terhitung darri bulan juli sampai agustus tahun 2023, penyerahan bantuan konsumtif miskin ekstrim dan penyerahan bantuan program bapak asuh stunting dari BAZNAS Inhu serta peninjauan tanaman kincung asri dan melihat perlombaan 17 Agustus panjat pinang air di Desa Petaling jaya, dengan menggunakan sepeda motor atv serta memberikan hadiah perlombaan hias tumpeng antar RW dan mini soccer di Desa Pematang Manggis.

"Bantuan yang diterima masyarakat, diharapkan dapat membantu kebutuhan pokok dirumah dan dapat digunakan sebaik-baiknya," jelas Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi. *** (ADV Kominfo Inhu)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023