Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Galeri foto,
Harmoni dalam Keragaman di Pekan Seni Budaya Riau Kompleks 2023

Riauterkini-PANGKALANKERINCI-Warga Riau Kompleks di lingkungan perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) beramai-ramai mengunjungi perhelatan akbar Pekan Seni dan Budaya (PSB) Riau Kompleks 2023 yang kembali digelar pada 20 -26 Agustus 2023 di Lapangan Merdeka, Town Site 1 Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Riau.

PSB merupakan agenda tahunan paguyuban Riau Kompleks yang menampilkan kekayaan budaya, keindahan seni serta beragam kuliner tradisional nusantara, diselenggarakan selama sepekan penuh oleh 11 paguyuban yang bergantian menjadi panitia pelaksana. PSB dilaksanakan untuk merayakan keberagaman suku bangsa, mempererat persatuan dan kekeluargaan diantara sesama karyawan. PSB merupakan representasi dari Taman Mini Indonesia Indah di Riau Kompleks. Acara yang ditampilkan beragam, mulai dari pawai budaya, pameran stand budaya, penampilan seni hingga pameran makanan tradisional.



PSB Riau Kompleks 2023 mengangkat tema “kita Indonesia, berbudaya, berbhineka dan Bersatu”. Paguyuban Ikatan Keluarga Nias (IKN) menjadi panitia pelaksana PSB 2023, acara terlihat semarak dan meriah. Setiap paguyuban mengerahkan kreativitas seni dan penampilan terbaik mereka sehingga mampu memukau pengunjung dengan penampilan dari paguyuban yang menampillan ciri khas budaya masing-masing.

Menariknya lagi, setiap peserta yang tampil merupakan karyawan dan keluarganya. Mereka yang sehari-hari bekerja di mill sebagai teknisi atau forester bisa tampil berbeda di atas panggung memerankan tokoh tradisional dari daerah asalnya. Walau hujan sempat mengguyur pelepasan peserta pawai budaya, namun semangat peserta pawai tidak surut hingga acara selesai.



Menurut Mill and Operational Support Director, Muhammad Ali Shabri Nasution, ada yang berbeda pada pelaksanaan PSB tahun ini. Ali Shabri menilai setiap paguyuban sanagt bersemangat dan menampilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

“Saya menilai penampilan pada saat pawai, penampilan seni hingga stand PSB tahun ini sangat bagus, peserta menunjukkan loyalitas dan penjiwaan tinngi terhadap budaya. Salah satu yang menonjol di Riau Kompleks adalah Harmonisnya kehidupan masyarakat Riau Kompleks, dan itu susah ditemukan di tempat lain,” ungkap Ali Shabri.

Pengunjung tumpah ruah memadati Lapangan Merdeka setiap harinya agar bisa menikmati keberagaman budaya nusantara sekaligus wisata kuliner di berbagai stand makanan yang ada di PSB 2023.



Bupati Pelalawan H. Zukri bersama Forkopimda Pelalawan dan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Pelalawan berkesempatan membuka iven ini secara resmi. Bupati Zukri mengapresiasi pelaksanaan pasar rakyat ala RAPP ini yang bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-78.

“Saya begitu terkesan dengan Pekan Seni Budaya Riau Kompleks ini, antar paguyuban saling kompak. Apalagi pelaksanaannya masih dalam suasana HUT Republik Indonesia Merdeka. Cara kita mensyukuri kemerdekaan adalah dengan merawat persatuan negeri ini,” ucap Zukri.



Sementara itu COO RAPP, Eduward Ginting dalam sambutannya mengatakan bahwa Riau Kompleks merupakan suatu kapal yang besar. Kapal yang berisi keberagaman adat dan budaya yang berbeda namun tetap satu. Persatuan itu membuat paguyuban yang ada di Riau Kompleks menjadi kuat dalam menjalankan roda usaha Royal Golden Eagle (RGE).

"Selain itu kita juga memiliki karyawan expatriat yang juga memiliki budaya yang indah dari negara asalnya, bersama-sama kita membangun Riau Kompleks. Malam PSB ini adalah malam kebersamaan antar paguyuban, antar warga Riau Kompleks. Harapan kita adalah untuk memberikan yang terbaik bagi Riau Kompleks,” ujar Eduwad Ginting.



Dhea Maharani, mahasiswi semester 7 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (UIR) yang sedang menjalani program magang di RAPP merasa takjub kekompakan dan totalitas karyawan pada pelaksanaan PSB 2023.

“Wah seru sekali PSB di Riau Kompleks, baru kali ini saya melihat karyawan tidak hanya profesional dalam pekerjaan mereka tapi juga bisa tampil maksimal di atas panggung,” ujar Dhea yang sedang menjalani magang di departemen Corporate Communication.



Paguyuban Tunggal Warga (Punggawa) berhasil keluar sebagai juara umum di PSB tahun 2023 setelah keluar sebagai juara 1 pawai budaya, juara 1 stand dan juara 3 pentas seni budaya.

11 paguyuban yang berada di lingkungan perusahaan RAPP adalah; Ikatan Melayu Riau (IKMR), PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Karyawan Batak Toba (IKABA), Margasilima, Ikatan Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKAS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Pagayuban Tunggal Warga (PUNGGAWA) dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT).***(rls)

Ket Foto: Pawai Budaya oleh 11 paguyuban di Riau Kompleks mempertunjukkan keragaman dan keindahan budaya nusantara pada Pekan Seni dan Budaya Riau Kompleks. 2023

Malam penampilan seni budaya oleh paguyuban Riau Kompleks.

Bupati Pelalawan H. Zukri membuka Pekan Seni dan Budaya Riau Kompleks di lingkungan PT Riau Andalan Pulp and Paper.

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023