Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Kiat Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas ala Pemuda RiyoLC PHR

Riaiterkini-Pekanbaru, 5 September 2023 – Lima pemuda Provinsi Riau menggagas program peningkatan kapasitas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada kegiatan peningkatan sumber daya manusia PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau’s Youth Leader Club (RiyoLC). Para pemuda ini menelurkan program yang dapat meningkatkan kapasitas UMKM menjadi naik kelas. Seperti apa program tersebut?

Kelima pemuda yang tergabung dalam kelompok UMKM Sawit Naik Kelas berasal dari latar belakang berbeda, yakni Hendra Dermawan yang merupakan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif bidang kriya, Zuhroh Mahdalena mahasiswa jurusan Manajemen dan Bisnis Universitas Riau. Kemudian Armaya Oktaviani, pelaku UMKM dengan produk aneka kue dan jajanan pasar, Habi Holidi David yang merupakan karyawan di salah satu bank syariah di Kota Pekanbaru serta Noeiyen David.

Dalam kegiatan RiyoLC 2023, para pemuda ini melahirkan ide dan gagasan program kemasyarakatan yang berfokus pada pembinaan dan pendampingan pelaku usaha mikro kecil menengah di sekitar wilayah operasi PHR di Kepenghuluan Bangko Jaya, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir.

“Ini merupakan program peningkatan skil pengolahan limbah sawit agar menjadi produk turunan kerajinan tangan,” kata Ketua Kelompok UMKM Sawit Naik Kelas, Hendra Dermawan, usai tampil sebagai Juara II Riau’s Youth Leader Club tahun 2023.

Kegiatan RiyoLC merupakan program pembangunan kapasitas tokoh-tokoh muda Riau melahirkan sejumlah ide kreatif dan inovatif yang dapat diimplementasikan untuk kesejahteraan masyarakat. Program yang diinisiasi PHR dan dilaksanakan bersama Politeknik Caltex Riau (PCR) ini memberi pendampingan dan pelatihan bagi generasi muda dalam mewujudkan suatu ide dan gagasan program kemasyarakatan secara sistematis dengan metode yang teruji.

Secara umum, 35 peserta yang terbagi dalam 7 kelompok melahirkan suatu program pemberdayaan masyarakat. Hendra dan kawan-kawan menilai perlunya peningkatan kapasitas dan skil pelaku UMKM agar dapat bersaing di pasar global.

Terlebih kata dia, pelaku UMKM merupakan garda terdepan dalam pertahanan ekonomi bangsa. Pelaku UMKM perlu dilakukan pelatihan, pembinaan dan pendampingan dalam menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

"Semua ini kita lakukan dengan tujuan agar UMKM di Riau ini mampu naik kelas, ucapnya.

Luasnya perkebunan kelapa sawit di wilayah Rokan Hilir mendatangkan banyak potensi ekonomi bagi masyarakat. Tak terkecuali limbah lidi sawit yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber pendapatan.

Kelompok ini mendorong pelaku usaha kecil memanfaatkan semaksimal mungkin limbah lidi sawit menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi. “Karena sustainable dan bahan bakunya melimpah,” ujarnya.

Pemanfaatan limbah lidi sawit menjadi produk bernilai tinggi merupakan kerajinan ramah lingkungan. Pemberdayaan Masyarakat untuk memanfaatkan lidi sawit sebagai kerajinan tangan sekaligus mendorong pelestarian lingkungan dari dampak negatif limbah sawit. “Hal ini sekaligus membantu pemerintah dalam menyuarakan bahwa sawit itu baik,” ujar Hendra.

Lewat pembinaan ini, diharapkan UMKM yang bergerak di kerajinan tangan dan kriya bisa menghasilkan produk olahan yang berkualitas dan berkelas. Pihaknya akan membantu pelaku UMKM dalam urusan perizinan serta pendampingan dalam kemasan (packaging) yang menarik serta pendampingan pemasaran (marketing) baik secara online maupun offline.

Berbagai bentuk kerajinan tangan yang dapat dihasilkan dari lidi sawit saat ini seperti piring, kotak tisu, mangkok, bakul hingga tas berbahan lidi. Bentuk dan bahannya yang estetik membuat kerajinan ini mudah dikurasi dan sangat berpotensi untuk dipasarkan baik di dalam maupun luar negeri.

Lewat pendampingan ini kata Hendra, diharapkan akan lahir produk unggulan yang siap bersaing di pasar domestik dan internasional. "Tentunya bisa menjadi tambahan serta meingkatkan ekonomi masyarakat tempatan,” tuturnya.

Program Riau’s Youth Leader Club merupakan wujud nyata PHR dalam meningkatkan SDM Riau yang unggul dan terampil. Peningkatan SDM merupakan instrumen penting dalam kemajuan bangsa, di mana dunia industri perlu mengambil peran dalam pengembangan SDM demi menciptakan ekosistem yang baik serta melahirkan generasi muda yang berdaya saing.

“Kolaborasi dengan pemuda ini diharapkan mampu melahirkan ide dan gagasan untuk kemajuan bangsa terutama Provinsi Riau,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.

Peserta mendapat pelatihan dan pendampingan dari para mentor PHR dan PCR dalam menghadirkan gagasan program. Adapun materi pelatihan meliputi, kepemimpinan, penyelesaian masalah, berpikir kritis, manajemen proyek serta komunikasi dan presentasi. Ide-ide kreatif yang lahir nantinya diharapkan dapat diaplikasikan bersama dalam program kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Melalui program ini, pelaku UMKM didorong agar terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan terus berinovasi sehingga dapat diterima masyarakat luas," imbuh Rudi.***(rls)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 Juli 2024

Pengukuhan IMRA RAPP: Semangat Ukhuwah dan Dakwah di Riau Kompleks

Pengukuhan IMRA RAPP yang baru saja berlangsung merupakan wujud semangat ukhuwah dan dakwah di Riau Kompleks.

Galeri
Selasa, 16 Juli 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Advertorial
Sabtu, 13 Juli 2024

Beri Pelayanan Kesehatan Terbaik, Pemkab Siak Siapkan Rp 37 Miliar Dukung UHC

Pemkab Siak siapkan anggaran Rp 37 miliar dukung UHC. Wujudkan layanan kesehatan terbaik.

Advertorial
Jumat, 12 Juli 2024

Gelar Pasar Murah Upaya Pemkab Siak Tekan Inflasi

Pemkab Siak punya cara jitu atasi inflasi. Sesering mungkin gelar Pasar murah.

Galeri
Senin, 24 Juni 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Sabtu, 06 Juli 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024.

Berita Lainnya

Sabtu, 20 Juli 2024

Antisipasi Lakalantas, 50 Siswa SMKN 5 Pekanbaru Ikuti Pendidikan Honda Safety Riding


Sabtu, 20 Juli 2024

Penjual Sabu di Sungai Salak Inhil Diringkus Polisi


Sabtu, 20 Juli 2024

Dua Petinggi Partai Gerindra dan Demokrat Hadiri Deklarasi Nasir - Wardan


Sabtu, 20 Juli 2024

PON Aceh-Sumut, Satu Pebasket Putri Bengkalis Perkuat Riau


Sabtu, 20 Juli 2024

Polres Inhil Sertijab Kabag Log, Kasat Binmas dan Dua Kapolsek


Sabtu, 20 Juli 2024

Dishub Riau Bersama Ditlantas Jaring 118 Kendaraan Penumbar di Pelalawan


Sabtu, 20 Juli 2024

DXPO by Danamon di Central Park Mall, Tawarkan Berbagai Solusi Keuangan dan Promo Istimewa


Sabtu, 20 Juli 2024

Beli Tiket Speed Boad Kian Mudah, Easybook E-Ticketing Segera Hadir di Kota Tembilahan.


Sabtu, 20 Juli 2024

Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai


Sabtu, 20 Juli 2024

Polisi Ringkus Tersangka Pemerkosa dan Aniaya Mahasiswa di Bengkalis


Jumat, 19 Juli 2024

Menuju Pilgubri, Ketum Golkar Serahkan SK Calon Gubernur Riau Syamsuar - Mawardi Saleh


Jumat, 19 Juli 2024

Rajak Parulian Terpilih sebagai Ketua Apdesi Pelalawan 2024-2029


Jumat, 19 Juli 2024

Nyaris Timpa Pengendara Sepeda Motor, Sebagian Atap Pentas Lapangan Tugu Bengkalis Runtuh


Jumat, 19 Juli 2024

Dilaporkan Hilang Empat Hari, Seorang Kakek di Pekanbaru Ditemukan Meninggal Dunia


Jumat, 19 Juli 2024

Jumat Berkah, Perempuan LAM Riau Bagikan Makanan Melayu untuk Warga


Jumat, 19 Juli 2024

Deklarasi Pasangan Nasir-Wardan Besok Dihadiri Petinggi DPP Gerindra


Jumat, 19 Juli 2024

Kadiskes Inhu Uji Coba IPAL Puskesmas Air Molek


Jumat, 19 Juli 2024

Pj Sekda Indra Launching Sistem Elektronik Layanan Aduan Digital di RSUD Petala Bumi


Jumat, 19 Juli 2024

Rahn Emas Tumbuh, BRK Syariah Taja Pelatihan dan Sertifikasi Penaksir Emas


Jumat, 19 Juli 2024

Gelar Ngopi Kerukunan, Wabup Siak Sebut Peran FKUB Signifikan Bantu Pemerintah Daerah