Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti Tahun Pelaksanaan 2023.

Riauterkini-PEKANBARU- Satu lagi prestasi terbaik ditorehkan oleh tim pengabdian masyarakat (Pengmas) Universitas Abdurrab (Univrab). Tak hanya mendapatkan dana hibah juga menjadi juara 1 presentasi hasil terbaik dalam Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) yang ditaja oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tahun pelaksanaan 2023.

Rektor Univrab, Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., PhD., didampingi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Univrab, dr. May Valzon, M.Sc, dan ketua tim pengmas, Debi Setiawan, M.Kom menjelaskan bahwa Univrab mendapatkan hibah Kosabangsa dari Kemenristek Dikti, ini merupakan salah satu yang paling bergengsi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat secara nasional.

"Kemarin hasil penelitiannya di presentasikan di Makasar, dan alhamdulillah kita jadi yang terbaik," ujar Rektor, Jumat (1/3/2024).

Prof. Susi menegaskan kalau Univrab sangat mendukung riset dan pengabdian baik yang dilakukan dosen maupun mahasiswa yang tujuannya bagian dari pengabdian kepada masyarakat dan tentu saja itu adalah implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Termasuk dalam hibah Kosabangsa ini, Univrab sangat mendukung dan membantu agar penelitiannya bisa berjalan lancar dan hasilnya juga maksimal dan kita bangga dengan capaian yang telah diraih, semoga tahun ini bisa lanjut lagi programnya," harap Rektor.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Univrab, dr. May Valzon, M.Sc menambahkan kalau hal penelitian atupun riset ini adalah bagian dari tanggungjawabnya sebagai Ketua LPPM Univrab.

"Setiap tahun kami mengelola temen-teman peneliti dan pengabdi baik untuk untuk mendapatkan bantuan untuk pendanaan baik dari dalam maupun luar kampus," ujarnya.

Dijelaskannya, setiap tahun Kemenristek Dikti memberikan hibah untuk penelitian pengabdian, salah satunya salah satunya melalui program Kosabangsa ini, hibah ini diberikan negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam hal ini, Pak Debi punya program untuk membantu masyarakat di Kabupaten Rohil. Bagaimana membantu nelayan di sana agar bisa mengelola hasil tangkapannya. Hasilnya sudah disampaikan di tingkat nasional pada 26-27 Februari 2024. Kami mendapatkan juara 1. Semoga tahun ini kami dapat lagi hibah lanjutannya," harapnya.

Dia berkomitmen senantiasa men-support para dosen untuk berkarya. Apalagi ini merupakan point penting dalam peningkatan kemampuan dosen hadir di tengah masyarakat seirama dengan program kosabangsa ini, dosen hadir ditengah mitra produktif maupun non produktif secara ekonomi.

"Insyallah LPPM univrab mendoakan akan lahir karya-karya serta hibah fenomenal lainnya setelah ini sehingga tujuan dari penyelenggaraan pendidikan akan tercipta sebagaimana mestinya," kata Dr. Valzon.

Di sisi lain, Debi Setiawan, Dosen Teknik Informatika yang juga Ketua tim riset Program Hibah Kosabangsa mengaku senang dengan hasil yang diraih, tak hanya dana hibah tapi juga jadi yang terbaik. Namun yang terpenting lagi menurutnya bisa membantu masyarakat khususnya nelayan yang ada di Desa Labuhan Tangga Hilir, Rokan Hilir.

"Judul riset kami itu Hilirisasi tangkap Ikan Laut, Produk Tangkap ikan Laut untuk meningkatkan kemandirian Desa Labuhan Tangga Hilir. Dana hibah yang kami terima sekitar Rp223 juta lebih. Selama riset kami punya tiga mitra, yaitu mitra kegiatan, mitra sasaran dan mitra kerjasama, semuanya saling berkolaborasi," sebutnya.

Atas capaiannya, Debi mengaku sangat berterima kasih atas dukungan pihak yayasan yang membantu menalangi dana pengabdian. Kepada rektor Univrab yang terus memotivasi dirinya dan tim untuk menghasilkan riset terbaik. Kepada Ketua LPPM Univrab yang dengan sabar mendampingi dan membantu setiap proses ini dari awal hingga usai.

Secara ringkas, Debi Setiawan menerangkan kalau dipilihnya lokasi tersebut karena nelayan di sana terbiasa menangkap ikan dengan pukat sehingga tangkapannya banyak. Namun bingung untuk memanfaatkan hasil tangkapannya tersebut.

"Desa Labuhan Tangga Hilir terletak di tepi laut. Potensi ikan melimpah namun belum dimanfaatkan dengan baik. Makanya kami di sana melakukan sosialisasi, memperkenalkan inovasi teknologi dan juga pendampingan. Kami perkenalkan yang namanya Fish Finder Sonar yang berguna untuk mendeteksi kerumunan ikan sehingga memudahkan nelayan mengetahui lokasi kerumunan ikan tersebut. Kami edukasi tidak lagi menggunakan pukat tapi cukup dengan jaring, menangkap ikan seperlunya, dan kemudian memanfaatkan hasil tangkapan mereka," jelasnya.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tim pengmas ini terdiri, tim pendamping dari Uniska Kalimantan, tim pelaksana dari Farmasi, Kebidanan dan Teknik Informatika dan Ilmu Pemerintahan Universitas Abdurrab.

"Mitra sasaran kita ada dua yaitu kelompok nelayan Bintang Utama dan kelompok BUMKep Edelwies. Sementara mitra kegiatan kita adalah Desa Labuhan Tangga Hilir. Ini adalah upaya berkolaborasi antara BUMKep dengan kelompok nelayan," terangnya.

Menariknya dari hasil riset ini, masyarakat di sana sudah mampu menghasilkan nugget, bakso, ikan salai, ikan asin dan ada pengalengan ikan sarden, akan kita patenkan, kami membuat sinar kontrol sarden semua jumlah produksi ditata rapi dari di dalam semua aplikasi, singkron dari sinar kontrol sarden ke aplikasi e-commerce bangsa, tinggal nantinya membangun rumah produksi. *(H-we)

Keterangan foto:

Universitas Abdurrab meraih Juara 1 presentasi hasil terbaik pada Seminar Hasil Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) yang ditaja Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) tahun pelaksanaan 2023.

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 April 2024

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Galeri
Kamis, 04 April 2024

Galeri Paripurna DPRD Rohul Hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024

DPRD Rohul Gelar Paripurna. Penyampaian hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024.

Advertorial
Sabtu, 06 April 2024

Advertorial,
RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya

RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya. Cek.

Advertorial
Jumat, 05 April 2024

Safari Ramadan Pemprov Riau di Rohul, CSR BRK Syariah Disalurkan untuk Masjid Ponpes Darussalam Kabun

CSR BRK Syariah disalurkan ke Masjid Pondok Pesantren Darussalam Kabun bersamaan dengan Safari Ramadan Pemprov Riau di Rokan Hulu.

Galeri
Rabu, 03 April 2024

Wabup Indra Gunawan Lepas Peserta Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ ke-24 Kabupaten Rohul

MTQ ke-24 Kabupaten Rohul resmi dimulai. Ditandai dengan pelepaaan pawai taaruf dan pembukaan oleh Wakil Bupati Indra Gunawan.

Advertorial
Rabu, 03 April 2024

Riau Petroleum Ajak Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Belanjo Baju Rayo

Riau Petroleum ajak anak yatim piatu dan dhuafa Belanjo Baju Rayo sebagai wujud kepedulian perusahaan.

Berita Lainnya

Jumat, 19 April 2024

Bupati Afrizal Sintong Lepas Kafilah Rohil Ikuti MTQ Tingkat Provinsi.


Jumat, 19 April 2024

Rekomendasi Ponsel Android Harga dibawah 1 Juta


Kamis, 18 April 2024

Satgas Pasti Blokir 585 Pinjol Ilegal dan Pinpri


Kamis, 18 April 2024

Hoaks, Kapsul Berisi Paku Beredar di Masyarakat


Kamis, 18 April 2024

Yopi Arianto Siap Bertarung di Pilgubri


Kamis, 18 April 2024

Pemkab Bengkalis Gelar Halal Bihalal, Bupati Kasmarni Ajak Perkuat Silaturahim


Kamis, 18 April 2024

Diduga Tersandung Hukum, Dua Pejabat Eselon II Pemprov Riau Mengundurkan Diri


Kamis, 18 April 2024

Mabuk, Sopir Kasat Narkoba Polres Pelalawan Tabrak Taman Tugu Keris di Pekanbaru


Kamis, 18 April 2024

Masyarakat Kampung Benayah, Siak Rayakan Hari Raya Puasa Enam


Kamis, 18 April 2024

kapolres Pelalawan Awasi Penerimaan Calon Anggota Polri Melalui Slogan BETAH


Kamis, 18 April 2024

Kasmarni Pastikan Maju di Pilkada Bengkalis


Kamis, 18 April 2024

Tim Labfor Polda Riau Selidiki Penyebab Kebakaran Kantor DLH Pelalawan


Rabu, 17 April 2024

Cek Fakta: Klarifikasi Menteri Pendidikan Ubah Seragam Sekolah


Rabu, 17 April 2024

Ribuan Masyarakat Sambut Kehadiran Bupati di Acara Rayo Saronam Kuantan Hilir


Rabu, 17 April 2024

Halal Bi Halal PTPN IV Regional III, Manajemen-Karyawan Komit Perkuat Sinergitas Akselerasi Kinerja Perusahaan


Rabu, 17 April 2024

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau : Sebanyak 3.763 Orang Lalui Pelabuhan Dumai


Rabu, 17 April 2024

BMKG Pekanbaru Rilis Cuaca Ekstrem di Riau Hingga Tanggal 21 April


Rabu, 17 April 2024

Nama Nasarudin Masuk 5 Kader Golkar yang Akan Bertarung di Pilgub Riau


Rabu, 17 April 2024

Pj Gubri Apresiasi Ziarah Kubur Raya Enam di Kampar


Rabu, 17 April 2024

Asal Parkir, Tamu Pj Bupati Inhil Hambat Pengandara Lain