Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
PT BEI Gelar Penghargaan Galeri Investasi 2024

Riauterkini-PEKANBARU-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menggelar Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI 2024 sebagai bagian dari komitmen meningkatkan literasi para generasi muda akan keuangan, khususnya pasar modal Indonesia. Mengusung tema “Karena Urusan Masa Depan, Harus Terdepan”, penghargaan diberikan kepada GI BEI yang nominasinya dipilih dari 43 GI BEI dari seluruh Indonesia.

Penyerahan Penghargaan GI BEI Tahun 2024 diselenggarakan secara langsung di Main Hall BEI dan dapat disaksikan pula melalui kanal YouTube Indonesia Stock Exchange pada Rabu (6/3/24).

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI Sunandar dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini menegaskan komitmen dalam memajukan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan langkah apresiasi atas upaya nyata GI BEI dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia untuk menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” ujar Sunandar.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Departemen Pengawas Lembaga Efek, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ona Retnesti Swaminingrum yang sekaligus membuka jalannya kegiatan Penghargaan GI BEI 2024.

Selain itu, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas Tarihoran juga turut menghadiri serta menyampaikan sambutan.

Terdapat 8 Kategori Penghargaan GI BEI Tahun 2024 yang penilaiannya dilakukan berdasarkan aktivitas GI BEI selama 1 tahun (1 Januari hingga 31 Desember 2023). Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, terdapat 3 Kategori Utama di dalam Penghargaan GI BEI 2024. Kategori Utama pertama, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI UIN Raden Fatah Palembang yang berhasil menyelenggarakan 806 kegiatan, GI BEI Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 610 kegiatan, dan GI BEI Universitas Negeri Padang dengan 484 kegiatan.

Kategori Utama kedua adalah GI BEI Teraktif dengan Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI Politeknik Negeri Ujung Pandang yang mencapai penambahan investor baru dalam setahun sebanyak 764 single investor identification (SID), diikuti oleh GI BEI Universitas Sam Ratulangi dengan 763 SID, dan GI BEI Universitas Nasional dengan 613 SID.

Kemudian Kategori Utama ketiga, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Nilai Transaksi, dimenangkan oleh GI BEI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti (Rp3,02 triliun), GI BEI Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (Rp2,14 triliun), serta GI BEI Universitas Dian Nusantara (Rp80,46 miliar).

Selain 3 Kategori Utama, pada Penghargaan GI BEI Tahun 2024 terdapat 2 penambahan kategori baru. Kategori baru pertama adalah GI Edukasi BEI Teraktif yang dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, SMK Karsa Mulya Palangka Raya, SMA Negeri 5 Palu, SMA Katolik Xaverius Padang, SMA Trinitas Bandung, SMA Global Islamic Boarding School Banjarmasin, SMA Negeri 3 Selong, SMA Negeri 4 Pangkalpinang, serta SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

Kategori baru kedua adalah GI BEI Syariah Teraktif yang dimenangkan oleh GI BEI UIN Sultan Hasanuddin Banten.

Terdapat juga 2 kategori penghargaan lainnya. GI BEI Teraktif kategori Non Perguruan Tinggi yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI HIPMI Malang, GI BEI Mal Pelayanan Publik Kota Surakarta, dan GI BEI Elizabeth International Hotel & Business School.

Kategori Anggota Bursa Mitra GI BEI Teraktif yang melihat keaktifan mitra GI BEI pada Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia, berhasil diraih oleh PT Phintraco Sekuritas, PT MNC Sekuritas, dan PT Phillip Sekuritas Indonesia.

Tidak hanya pengumuman pemenang Penghargaan GI BEI, pada kesempatan kali ini juga diselenggarakan talk show bertemakan “Investor Muda Jadi Seperti Lo Kheng Hong, Emang Bisa?” bersama tokoh investor sukses di pasar modal Indonesia Lo Kheng Hong dan Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik.

Pada acara ini, BEI juga mengumumkan pemenang Kompetisi Duta Pasar Modal (DPM) BEI 2023 - Triwulan 1 2024, yang diikuti oleh 2.070 DPM BEI dari 155 GI BEI di seluruh Indonesia. Kompetisi dilakukan atas 631 kegiatan dengan 544.395 peserta edukasi dan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Edukasi Tatap Muka dan Edukasi Media Sosial.

Terdapat 20 pemenang yang akan mendapatkan apresiasi berupa beasiswa dan penyelenggaraannya akan berlangsung setiap 3 (tiga) bulan yang diakhiri dengan Kompetisi Tahunan DPM BEI pada Oktober 2024.

Dengan terselenggaranya acara Penghargaan GI BEI Tahun 2024 ini, diharapkan dapat memberikan semangat kepada Pengurus GI BEI untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman tentang pasar modal kepada generasi muda Indonesia, melalui kolaborasi bersama BEI, Perguruan Tinggi/Sekolah, dan Anggota Bursa Mitra.

Hal ini tentunya sejalan dengan kampanye #AkuInvestorSaham yang memiliki pesan kebanggaan, inklusivitas, dan kemajuan bagi para investor dan calon investor saham karena urusan masa depan, harus terdepan.*(H-we)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 April 2024

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Galeri
Kamis, 04 April 2024

Galeri Paripurna DPRD Rohul Hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024

DPRD Rohul Gelar Paripurna. Penyampaian hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024.

Advertorial
Sabtu, 06 April 2024

Advertorial,
RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya

RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya. Cek.

Advertorial
Jumat, 05 April 2024

Safari Ramadan Pemprov Riau di Rohul, CSR BRK Syariah Disalurkan untuk Masjid Ponpes Darussalam Kabun

CSR BRK Syariah disalurkan ke Masjid Pondok Pesantren Darussalam Kabun bersamaan dengan Safari Ramadan Pemprov Riau di Rokan Hulu.

Galeri
Rabu, 03 April 2024

Wabup Indra Gunawan Lepas Peserta Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ ke-24 Kabupaten Rohul

MTQ ke-24 Kabupaten Rohul resmi dimulai. Ditandai dengan pelepaaan pawai taaruf dan pembukaan oleh Wakil Bupati Indra Gunawan.

Advertorial
Rabu, 03 April 2024

Riau Petroleum Ajak Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Belanjo Baju Rayo

Riau Petroleum ajak anak yatim piatu dan dhuafa Belanjo Baju Rayo sebagai wujud kepedulian perusahaan.

Berita Lainnya

Jumat, 19 April 2024

Lepas Kafilah MTQ XLII di Dumai, Wabup Husni Harap Siak Perbaiki Prestasi


Jumat, 19 April 2024

Bupati Afrizal Sintong Lepas Kafilah Rohil Ikuti MTQ Tingkat Provinsi.


Jumat, 19 April 2024

Rekomendasi Ponsel Android Harga dibawah 1 Juta


Kamis, 18 April 2024

Satgas Pasti Blokir 585 Pinjol Ilegal dan Pinpri


Kamis, 18 April 2024

Hoaks, Kapsul Berisi Paku Beredar di Masyarakat


Kamis, 18 April 2024

Yopi Arianto Siap Bertarung di Pilgubri


Kamis, 18 April 2024

Pemkab Bengkalis Gelar Halal Bihalal, Bupati Kasmarni Ajak Perkuat Silaturahim


Kamis, 18 April 2024

Diduga Tersandung Hukum, Dua Pejabat Eselon II Pemprov Riau Mengundurkan Diri


Kamis, 18 April 2024

Mabuk, Sopir Kasat Narkoba Polres Pelalawan Tabrak Taman Tugu Keris di Pekanbaru


Kamis, 18 April 2024

Masyarakat Kampung Benayah, Siak Rayakan Hari Raya Puasa Enam


Kamis, 18 April 2024

kapolres Pelalawan Awasi Penerimaan Calon Anggota Polri Melalui Slogan BETAH


Kamis, 18 April 2024

Kasmarni Pastikan Maju di Pilkada Bengkalis


Kamis, 18 April 2024

Tim Labfor Polda Riau Selidiki Penyebab Kebakaran Kantor DLH Pelalawan


Rabu, 17 April 2024

Cek Fakta: Klarifikasi Menteri Pendidikan Ubah Seragam Sekolah


Rabu, 17 April 2024

Ribuan Masyarakat Sambut Kehadiran Bupati di Acara Rayo Saronam Kuantan Hilir


Rabu, 17 April 2024

Halal Bi Halal PTPN IV Regional III, Manajemen-Karyawan Komit Perkuat Sinergitas Akselerasi Kinerja Perusahaan


Rabu, 17 April 2024

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau : Sebanyak 3.763 Orang Lalui Pelabuhan Dumai


Rabu, 17 April 2024

BMKG Pekanbaru Rilis Cuaca Ekstrem di Riau Hingga Tanggal 21 April


Rabu, 17 April 2024

Nama Nasarudin Masuk 5 Kader Golkar yang Akan Bertarung di Pilgub Riau


Rabu, 17 April 2024

Pj Gubri Apresiasi Ziarah Kubur Raya Enam di Kampar