Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Serambi 2024, BI Gelontorkan Rp6,031 Triliun se-Riau

Riauterkini-PEKANBARU-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad, bersama Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, S.H., S.I.K., M.H, Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau, Elly Wardani, Kepala OJK Riau, Endang Nuryadin dan kepala perbankan se Pekanbaru menggelar Kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah di halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Rabu (20/3/24).

Pada sambutannya, Kepala kpw BI Riau, Panji Ahmad mengatakan Bl  menyiapkan kebutuhan uang untuk 12  Kabupaten/Kota selama bulan Ramadan dan  Idulfitri yaitu sebesar Rp6,031 triliun. Kebutuhan tersebut meningkat sebesar 13,8% (yoy) dibandingkan tahun 2023 yang sebesar Rp5,3 triliun.

Dengan gelontoran uang sebanyak Rp 6,031 triliun tersebut, tambah Panji, Bank Indonesia (Bl) Riau memastikan  kebutuhan uang kartal bagi  masyarakat, baik secara jumlah  maupun pecahan, selama periode Ramadan dan Idulfitri Tahun 2024 dapat terpenuhi.

Sedangkan kebutuhan uang periode Ramadan dan Idulfitri 2024, Panji menjelaskan bahwa secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar Rp 197,6 triliun, naik 4,65% (yoy) dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar Rp188,8 triliun.

Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, S.H., S.I.K., M.H menegaskan bahwa Polda Riau berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Personel kepolisian akan ditempatkan di titik titik rawan.

"Kita akan tempatkan anggota kita (kepolisian) di tempat tempat yang rawan. Jangankan di pasar Ramadhan, di mesjidpun juga banyak terjadi perilaku kejahatan. Seperti pencurian motor, kaca mobil dipecahkan dan diambil barang barang yang ada di dalam mobil. Itulah sebabnya anggota kita tempatkqn di tempat tempat yang rawan tindak kejahatan. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," terangnya.

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau, Elly Wardani, yang mewakili Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia. Ia berharap Serambi 2024 yang dilaksanakan BI bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Riau.

"Kita harapkan kegiatan Serambi 2024 yang bertujuan untuk menjaga stabilitas rupiah, menjaga rupiah di tengah masyarakat serta meningkatkan transaksi di UKM dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga membawa manfaat untuk masyarakat Riau," terangnya.

Program Nasional Serambi 2024

Dalam  rangka memastikan kebutuhan  uang di Ramadan dan Idulfitri,Bank  Indonesia secara nasional menjalankan sebuah rangkaian kegiatan yang disebut dengan SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulfitri tahun 2024) dengan tema 'Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah'.SERAMBI 2024 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 hal:

Pertama, Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk   masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai,dan dalam kondisi yang layak edar.

Kedua, Terlaksananya Layanan Kas:Pelaksanaan Layanan Penukaran Uang bagi masyarakat berupa Kas Keliling, Penukaran Bersama Bank Indonesia dan Perbankan dan Pelayanan Penukaran Uang di kantor -kantor perbankan.

Ketiga, Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan  berupa Edukasi untuk meningkatkan  awareness masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dan QRIS selama bulan Ramadan.

Dalam kampanye CBP edisi Ramadan ini dititikberatkan agar masyarakat bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan maupun dalam menghadapi Hari Raya ldulfitri. Yaitu berbelanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga atau inflasi.

Berkaitan dengan penukaran uang  pecahan kecil (UPK), Bl menghimbau  masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat-tempat  penukaran resmi.

Masyarakat dapat melakukan  penukaran uang di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Riau, Kas Kelling Bank Indonesia, atau pada kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan.Hal itu bertujuan untuk menghindari resiko pengedaran uang palsu dan dapat lebih akurat dalam jumlah uang yang diterima serta tanpa adanya biaya tambahan.

Pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh Bl dan perbankan sudah dapat diperoleh masyarakat mulai tanggal 15 Maret - 5 April  2024. Untuk Layanan Penukaran  Uang Bersama Bank Indonesia dan  Perbankan akan dilaksanakan pada tanggal 25, 26 dan 27 Maret 2024 di Halaman Samping Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau.

Untuk mengetahui informasi jadwal Kas Keliling Bank Indonesia dan melakukan pemesanan, masyarakat dapat mengakses situs pintar.bi.go.id. 

Sejalan dengan itu, transaksi non tunai melalui SKNBl dan RTGS mengalami pertumbuhan pada Februari 2024 sebesar 52,5% (yoy) dan 122,3%(yoy)dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sejalan dengan pertumbuhan transaksi SKNBl dan RTGS, dari sisi penggunaan QRIS, nominal transaksi pengguna QRIS di awal tahun (data Januari 2024) juga  mengalami peningkatan mencapai  118,5% (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, penggunaan kartu kredit untuk bill pay pada Januari 2024 mengalami deselerasi dibandingkan bulan sebelumnya serta mencatatkan kontraksi sebesar 36,5%(yoy).*(H-we) )

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 April 2024

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Galeri
Kamis, 04 April 2024

Galeri Paripurna DPRD Rohul Hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024

DPRD Rohul Gelar Paripurna. Penyampaian hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024.

Advertorial
Sabtu, 06 April 2024

Advertorial,
RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya

RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya. Cek.

Advertorial
Jumat, 05 April 2024

Safari Ramadan Pemprov Riau di Rohul, CSR BRK Syariah Disalurkan untuk Masjid Ponpes Darussalam Kabun

CSR BRK Syariah disalurkan ke Masjid Pondok Pesantren Darussalam Kabun bersamaan dengan Safari Ramadan Pemprov Riau di Rokan Hulu.

Galeri
Rabu, 03 April 2024

Wabup Indra Gunawan Lepas Peserta Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ ke-24 Kabupaten Rohul

MTQ ke-24 Kabupaten Rohul resmi dimulai. Ditandai dengan pelepaaan pawai taaruf dan pembukaan oleh Wakil Bupati Indra Gunawan.

Advertorial
Rabu, 03 April 2024

Riau Petroleum Ajak Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Belanjo Baju Rayo

Riau Petroleum ajak anak yatim piatu dan dhuafa Belanjo Baju Rayo sebagai wujud kepedulian perusahaan.

Berita Lainnya

Senin, 22 April 2024

3.723 PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan dari Pj Bupati Kampar


Senin, 22 April 2024

Singgung Iran-Israel, Mendagri Minta Daerah Jaga Inflasi


Senin, 22 April 2024

Jelang PON, 20 Atlet Anggar Bengkalis Pemusatan Latihan di Pekanbaru


Senin, 22 April 2024

Diduga Edar Perusak Saraf, Pria Paruh Baya di Mandau Diringkus Polisi


Senin, 22 April 2024

Tinjau Kafilah di MTQ XLII Riau di Dumai, Bupati Siak Janji Umrohkan Qori dan Qoriah Berprestasi


Senin, 22 April 2024

Kafilah Rohil Tampilkan Ratib Togak pada Pawai Taaruf MTQ XLII Riau di Dumai


Senin, 22 April 2024

Kafilah Rohul Disambut Masyarakat Dumai Saat Pawai Taaruf MTQ XLII Riau


Senin, 22 April 2024

Hari Ini DPW PKB Riau Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah


Senin, 22 April 2024

Wabup Rohul Hadiri Halalbihalal HKR-Pekanbaru


Senin, 22 April 2024

Pekan ini, Kerusakan Jalan Provinsi di Kuansing Diperbaiki


Senin, 22 April 2024

6 Kapolres di Riau Raih Penghargaan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 Terbaik


Senin, 22 April 2024

Bupati Bengkalis Hadiri Pembukaan MTQ Provinsi Riau di Dumai


Senin, 22 April 2024

Ribuan Peserta Dikerahkan Bupati Kuansing di Pawai Taaruf MTQ XLII Riau di Kota Dumai


Minggu, 21 April 2024

Aspekur Ambil Bagian Meriahkan Festival Lancang Kuning


Minggu, 21 April 2024

Hoaks! FIFA Batalkan Kemenangan Qatar atas Indonesia karena Kecurangan Wasit


Minggu, 21 April 2024

Bupati Alfedri Tinjau Pemondokan Kafilah Siak di MTQ XLII Riau di Dumai


Minggu, 21 April 2024

Ketua Apindo Riau Minta Mahasiswa Peserta AUM 2024 Bersinergi dengan UMKM


Minggu, 21 April 2024

Pemprov Riau-PTPN IV Regional III Selaraskan Program Pembangunan Berkelanjutan


Minggu, 21 April 2024

Kampar Expo 2024 Akan Dimeriahkan Pergelaran Seni Budaya 4 Provinsi


Minggu, 21 April 2024

Bupati Kasmarni dan 2.500 Warga Bengkalis Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai