Logo RTC
 
 
Bupati dan Wabup Rohul Panen Ikan Bersama Warga Pendalian, Hasilnya Mencapai 5 Ton

Riauterkini-ROKANHULU- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, dan Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan ikut panen di areal budidaya ikan nila dan ikan emas.

Diperkirakan, panen ikan bersama masyarakat di Embung Cinta Desa, Desa Suligi, Kecamatan Pendalian IV Koto, pada Selasa (21/12/2021), mencapai 5 ton,

Terpantau, Wabup Indra Gunawan tak canggung memanen ikan dengan menebar jala di Embung Cinta Desa. Dari panen perdana di Embung Cinta Desa ini ditaksir mencapai 5 Ton. Hasil panen diserahkan Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman kepada pengurus PKK Desa dan Warga Suligi.

Panen ikan ini turut dihadiri Anggota DPRD Rohul Patrun Rahman, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Barikun SP, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Plt Kadishub Rohul Minarli, Camat Pendalian IV Koto Afkar S.Sos dan Kades se-Kecamatan Pendalian IV Koto.

Bupati Rohul Sukiman mengatakan Pemkab sangat mensupport warga dalam budidaya ikan, terutama bantuan benih ikan. Menurutnya, budidaya ikan sangat menopang perekonomian warga, sesuai Misinya mewujudkan ekonomi kreatif melalui Pariwisata.

"Ini salah satu upaya meningkatkan PADes dan Ekonomi Desa. Diharapkan kepada Kepala Desa lebih ditingkatkan lagi. Hasil panen ini ditaksir mencapa 5 Ton bisa dibagikan ke masyarakat, sebagian bisa dijual dan sebagian bisa untuk menambah modal Bumdes," papar Bupati Sukiman.

Lanjut Bupati, Panen ikan ini merupakan Program Ketahanan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, dengan tujuan agar masyarakat mempunyai usaha berkelompok untuk meningkatkan ekonomi warga.

"Ikan yang kita Panen di Embung Cinta Desa ini jenis ikan Nila dan Emas. Jadi bila ada masyarakat yang mempunyai lahan kosong yang airnya cukup. Kita berikan bantuan untuk budidaya perikanan, tujuannya untuk meningkatkan ekonomi warga," imbau Sukiman.

Sementara, Kepala Desa Suligi Yoyon Yulistion mengatakan pengembangan budidaya ikan ini merupakan inovasi desa. Embung ini ke depannya selain untuk budidaya ikan juga memiliki potensi pariwisata.

Lanjut Yoyon, embung ini sudah dibangun sejak tiga tahun terakhir. Penaburan benih ikan di Embung Cinta Desa sendiri dimulai sejak Ahad (9/5/2021) lalu.

Pada Mei 2021 ditabur 40.000 ekor jenis ikan nila, Juni ditambah 10.000 ekor ikan emas, sehingga total menjadi 50.000 ekor sudah ditebar. Potensi panen budidaya ikan hari ini ditaksir mencapai 5 ton, pemasarannya dilingkup Rokan Hulu hingga ke Kecamatan Tambusai.

Yoyon mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Rohul yang telah merealiasi sejumlah pembangunan di Desa Suligi, baik di bidang infrastruktur dan memperjuangkan dana ketahanan pangan untuk kelompok tani wanita pecinta desa.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri