Logo RTC
 
 
Resmikan Lumbung Pangan, Bupati Rezita Ajak Masyarakat Inhu Bangun Ketahanan Pangan

Riauterkini-RENGAT-Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi meresmikan lumbung pangan masyarakat, dalam kesempatan tersebut Bupati Inhu mengajak masyarakat Inhu untuk membangun ketahanan pangan, melalui upaya pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam pengelolaan lumbung pangan.

Pembangunan ketahanan pangan masyarakat dengan membangun lumbung pangan masyarakat dianggap perlu dilakukan, dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dan penguatan kapasitas kelembagaan yang diharapkan dapat dikembangkan secara mandiri dan berperan secara optimal, dalam penyediaan pangan yang dilakukan secara berkelanjutan.

"Pembangunan lumbung pangan ini diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Indragiri Hulu umumnya dan Gapoktan khususnya dan semoga program ini berlanjut terus demi kesinambungan dan kemandirian ketahanan pangan ke depannya," ujar Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam peresmian lumbung pangan di Kelurahan Airmolek I Kecamatan Pasir Penyu, Inhu Rabu (22/12/21).

Diungkapkan Bupati Rezita Meylani Yopi, pembangunan ketahanan pangan dengan membangun lumbung pangan yang diinisiasi Pemkab Inhu, melalui Dinas Ketahanan Pangan Inhu dilakukan di sepuluh kecamatan yang ada di Inhu dengan memberdayakan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Untuk 2021 ini Inhu mendapat sepuluh lumbung pangan di sepuluh kecamatan untuk sepuluh Gapoktan dengan sumber dana yang berasal dari Danan Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021," ungkapnya.

Sementara itu Hj.Isnidar Kadis Ketahanan Pangan Inhu mengatakan, sektor pertanian memiliki kaitan yang sangat erat dengan ketahanan pangan dan menjadi prioritas pengembangan, agar terhindar dari krisis pangan. Untuk itu pemerintah menetapkan adanya cadangan pangan baik cadangan pangan pemerintah maupun masyarakat.

“Salah satu usaha meningkatkan cadangan pangan masyarakat dapat kita lihat dalam lumbung masyarakat ini, dengan adanya lumbung pangan mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat, Gapoktan dan kelompok tani wanita," jelasnya.

Dalam peresmian lumbung pangan Gapoktan Karya Makmur tersebut, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi juga menyerahkan bantuan dua unit hand tractor kepada kelompok tani dan menyerahkan SK Menteri Pertanian RI kepada Ridwan Nurbaqin, sebagai duta pertanian andalan pembangunan serta penyerahan sertifikat berprestasi kepada Acun Basuni yang meraih peringkat tiga tingkat Provinsi Riau. * (guh)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri