Logo RTC
 
 
Satu-satunya di Riau, Universitas Abdurrab Terima Dana Hibah Penelitian dan Pengabdian MBKM Rp1,3 Miliar

Riauterkini-PEKANBARU - Prestasi membanggakan diraih Universitas Abdurrab (Univrab) setelah menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Riau yang mendapatkan dana hibah pengabdian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021.

Demikian diungkapkan Rektor Univrab, Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D, usai acara Penganugerahan Hasil Penelitian dan Pengabdian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021 yang digelar di Susiana Tabrani Convention Hall. Rabu, (29/12/21).

"Kita dapat dana hibah penelitian dan pengabdian sebesar Rp1,3 miliar, kita berada di klaster 3," ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan dana bantuan hibah dari penelitian kebijakan implementasi MBKM di Universitas Addurrab dan program Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hilirisasi dari hasil penelitian dan purwarupa PTS. Namun, untuk mendapatkan dana hibah tersebut, diakui Susi Endrini ada proses yang harus dilalui, apalagi ada ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, memang pemberian dana hibah ini dikhususkan untuk PTS saja.

"Seleksinya melalui sistem pembelajaran daring (Spada) dan pangkalan data perguruan tinggi, kita dinilai sebagai penilaian pendahuluan, nilai akurat itu nanti dinilai layak atau tidak mendapatkan dana hibah, dan alhamdulillah kita dapat," jelasnya.

Secara nasional, tambahnya, ada 110 PTS yang menerima dana hibah ini berdasarkan hasil seleksi Spada dan pangkalan data, sementara di Sumatera hanya Universitas Bung Hatta dan Univrab saja yang menerima.

"Pada tahun ini sebenarnya untuk dana hibah seperti ini kita sudah dua kali mendapatkannya, namun sebelumnya angkanya tidak sebesar saat ini," sebutnya.

Terkait dengan pemerian dana hibah ini, menurutnya ini merupakan upaya dari pemerintah yang ingin lihat efek dari MBKM, beberapa institusi sudah siap, namun sebagian lagi baru akan belajar, kita sendiri kita sudah merasakan efeknya sangat signifikan sekali.

"Harapan kami program ini berlanjut, kami juga diinformasikan kalau semua ini berjalan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, nanti akan kembali menerima dana hibah tanpa seleksi," harapnya.

Terkait dengan kegiatan hari ini, menurutnya juga bagian dari rangkaian kegiatan penelitian dan pengabdian, di mana ada beberapa kategori yang ditetapkan.

Bahkankan video penelitian terbaik di Univrab nantinya akan dilombakan kembali di tingkat nasional, video dengan like terbanyak akan dipilih jadi 20 video penelitian terbaik nasional.

Berikut ini Pemenang Penelitian dan Pengabdian Hibah MBKM Tahun 2021kategori Penelitian Terbaik, Juara 1 (Nurul Aiyuda, S.Psi, MA, Dkk), juara 2 (Harni Sepriyani, M.Si, Dkk), juara 3 (dr May Valzon, M.Sc, Dkk).

Untuk kategori Pengabdian Terbaik Juara 1 diraih (Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D, Dkk), Juara 2 (Dewi Sartika Siagian, M.Keb, Dkk), Juara 3 (Liza Trisnawati, M.Kom).

Untuk kategori Poster Pengabdian Terbaik diJuara 1 diraih oleh (Fitra Ramadhani, MT, Dkk), Juara 2 (Luluk Elvitaria, M.Kom, Dkk) dan Juara 3 (Seri Hartati, M.Pd).

"Untuk kategori Poster Penelitian Terbaik Juara 1 diraih (dr. Ratih Ayuningtiyas, MM, Dkk), Juara 2 (Dr. dr. Syamsul Bahri Rivai, Sp.OG, Juara 3 (Alfin Surya, M.Si). Sedangkan untuk kategori Penelitian dan Pengabdian Inspiratif penghargaan diberikan untuk Penelitian Inspiratif (Amir Syamsuadi, S.IP, M.Si. Dkk) dan Pengabdian Inspiratif (Siti Juariah, M.Si, Dkk)," pungkasnya.*(H-we)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri