Logo RTC
 
 
DPP Hikatama dan Jasa Raharja Riau kolaborasi rencana aksi keselamatan Jalan 2022 DPP

Riauterkini - PEKANBARU - Keselamatan transportasi Jalan merupakan kebutuhan bersama yang harus terpenuhi sebagai modal awal terjaminnya kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang aman nyaman dan selamat.

Dalam prespektif hukum Pemerintah memberikan jaminan akan terpenuhinya keselamatan lalu lintas angkutan jalan sebagaimana yang diatur pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Pasal 203 Ayat (1) Pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) merupakan dokumen perencanaan keselamatan jalan yang disusun sebagai pedoman pemangku kepentingan untuk melakukan mitigasi penanganan keselamatan jalan secara komprehenship bertujuan untuk memberikan jaminan keselamatan jalan melalui berbagai program kegiatan.

DPP. HIKATAMA bersama jajaranya melakukan kunjungan kerja ke PT.Jasa Raharja Riau dalam rangka silahturahmi sekaligus berdiskusi mengenai keselamatan transportasi Jalan.

Sekretaris Jenderal DPP. HIKATAMA, Harmaini Wibowo.STr.,M.T yang hadir mewakil Ketum HIKATAMA Drs. Irwan Nasir. M.Si mengatakan kedatangan mereka di PT.Jasa Raharja dalam rangka memenuhi undangan untuk silahturahmi dan berdiskusi mengenai upaya menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas Jalan di Provinsi Riau yang masih tergolong tinggi.

“Alhamdulillah, hari ini kami dapat bersilahturahmi kepada jajaran PT. Jasa Raharja Riau sekaligus sebagai langkah awal untuk memulai _Run to road safety_ HIKATAMA, guna membicarakan permasalahan keselamatan jalan, kita menyimak apa yg disampaikan Kacab bahwa ada kenaikan angka fatalitas korban kecelakaan Lalu Lintas Jalan diproyeksikan berdasarkan besaran santunan yang telah diberikan oleh PT. Jasa Raharja pada tahun 2021 ini," tutur Harmaini.

Harmaini melanjutkan HIKATAMA siap bersinergi untuk menjalankan program keselamatan jalan dengan mengandeng para fihak baik Pemerintah, Kepolisian maupun elemen mansyarakat yang tergabung didalam HIKATAMA untuk menekan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas jalan.

“Kita mendukung upaya yang akan dilaksanakan oleh PT. Jasa Raharja Riau kedepannya, selain memberikan santunan kepada korban kecelakaan, juga ada program kegiatan sosilisasi dan kampanye keselamatan jalan serta berbagai kegiatan edukasi yang dapat dilakukan bersama, nanti kita akan bicarakan lebih lanjut dan detail kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan," tutup Harmaini.

Senada hal tersebut Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Riau M. Iqbal Hasanuddin mengatakan ucapan terimakasihnya kepada pengurus HIKATAMA yang telah memenuhi undangan PT.Jasa Raharja Riau untuk bersilahturahmi sekaligus berdiskusi mengenai keselamatan transportasi Jalan.

“ Sebelumya kami menyampaikan ucapan terimakaih atas kehadiran rekan - rekan HIKATAMA yang telah memenuhi undangan silahturahmi ini, karena pertemuan ini baru bisa terlaksana hari ini mengingat kesibukan kita masing - masing” ujar M. Iqbal.

M. Iqbal menilai kehadiran HIKATAMA ditengah masyarakat akan dapat membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan keselamatan Jalan mengingat dewasa ini sangat diperlukan peran serta masyarakat secara aktiv dan berkesinambungan.

“Kita membutuhkan keikutsertaan masyarakat dalam mensosialisasikan keselamatan jalan, melalui HIKATAMA ini kita bisa merangkul lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama - sama mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas. Kalau dilaksanakan sendiri - sendiri tentunya sangat berat” tutup M. Iqbal Hasanuddin yang telah menjabat selama 5 bulan sebagai pimpinan tertinggi di jajaran PT. Jasa Raharja Cabang Riau.

Sebelumnya PT. Jasa Raharja Riau mencatat terjadi kenaikan angka fatalitas korban lecelakaan lalu lintas jalan di Provinsi Riau. Besar santunan yang telah diberikan pada tahun 2021 sebanyak 55 Milyar naik sebesar 12 % dari tahun sebelumnya 2020 sebesar 45 Milyar. Sedangkan jumlah korban Meninggal Dunia di Jalan tercatat 2021 sebanyak 639 orang mengalami kenaikan dari tahun sebelumya 2020 sebesar 518 orang.

Turut Hadir pada acara tersebut Bendahara Umum HIKATAMA Diana, perwakilan dari Komunitas Kendaraan bermotor WCI Region Riau Sony, asosiasi transportasi angkutan barang dan pengurus komunitas sepeda / KOSTI Riau yang diwakilkan oleh Nopikatari selaku sekretaris.

Acara ditutup dengan photo bersama seraya menunjukan gerakan salam komando berkeselamatan sebagai simbol semangat dan kerjasama.***(rls/mok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri