Logo RTC
 
 
Perbankan Diminta Bantu Membina Usaha Pandai Besi di Kuansing

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pangsa pasar dan potensi penjualan peralatan Dodos dan Egrek buah kelapa sawit di Kuantan Singingi (Kuansing) Riau sangat besar.

Oleh karena itu pihak Perbankan dan perusahaan yang beroperasi didaerah ini diminta membantu dan membina usaha pandai besi yang ada di Kuansing.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar pada acara Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Telukkuantan, Selasa (11/1/2022) lalu.

Sebab menurutnya, produksi Pande Besi memiliki peluang yang sangat besar untuk maju dan berkembang yang memiliki perkebunan sawit yang sangat luas yang dikelola beberapa perusahaan dan KUD.

"Selama ini kebutuhan peralatan sawit seperti Dodos dan Egrek dibeli dari hasil produksi buatan Medan dan Malaysia," katanya.

Kedepan Ia berharap perusahaan sawit maupun KUD yang mengelola sawit bisa membeli peralatan hasil produksi pandai besi lokal Kuansing. Untuk itu, menurutnya harus meningkatkan kualitas produksi pandai besi serta bantuan modal dari bank.

"Penjajakan kerjasama dengan beberapa KUD dan perusahaan sudah dilakukan dalam hal pengadaan dodos dan egrek," katanya.

" Saat ini ada beberapa UKM unggulan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan antara lain Batik, Tenun, Sepatu dan Pande Besi,"sambungnya.

Terkait pengembangan UKM ini kata Azhar, dibutuhkan adalah support dari pihak perbankkan terutama BRI.

" Yakni menyangkut dengan modal usaha. Saya berharap BRI bisa mensupport bantuan modal dengan syarat yang tidak rumit serta bunga kecil," katanya.

Menanggapi hal tersebut Pimpinan BRI Cabang Teluk Kuantan Fery Widodo akan mensuport UMKM dengan program BRI berupa KUR Super Mikro dengan besar pinjaman Rp5 juta sampai Rp10 juta.

Acara yang digelar di lantai dua RM Sederhana dihadiri Pimpinan Cabang BRI Teluk Kuantan Fery Widodo dan pimpinan unit BRI se Kuansing. Selain itu hadir Ketua Forum Kepala Desa, Ketua Asosiasi Batik dan Plt Kepala Dinas Sosial Kuansing Nafisman.* (Jok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Selasa, 19 Oktober 2021

Sempena Hari Pangan Sedunia, Ketua TP PKK Pelalawan Hadiri Lomba MPASI

Riauterkini- PELALAWAN- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka Zukri mengahdiri kegiatan Lomba Kreasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), yang digelar oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pasific Rayon (APR) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, Sabtu (16/10/2021)

Galeri