Logo RTC
 
 
Program Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman untuk Pelaku UMKM di Kepri Sudah Mulai Digulirkan Bank Riau Kepri

BATAM - Program bantuan subsidi bunga pinjaman bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan diperkuat dengan perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri sudah mulai digulirkan awal Desember 2021.

Mengenai syarat pengajuan pinjaman dan teknis penyaluran Bantuan Subsidi Bunga ini dijelaskan langsung oleh perwakilan Bank Riau Kepri pada acara Sosialisasi Kredit Subsidi Bunga dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan tema UMKM bisa naik kelas, Jumat (3/12/2021).

Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Kota Batam, Baharudin yang hadir pada acara Sosialisasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepri menyebutkan program ini sudah mulai dinikmati oleh pelaku UMKM di Kepulauan Riau sejak awal Desember 2021.

"Calon debitur Bank Riau Kepri dalam program ini harus paham dulu dengan syarat dan prosesnya. Dalam kesempatan ini, dari Bank Riau Kepri, Bobby Satria Adrian selaku Pimpinan Bisnis Kredit MKM & Komersil cabang Batam memberikan penjelasan terkait itu," kata Baharudin.

"Saat ini para calon debitur sedang mengumpulkan syarat-syarat dokumen pengajuan kredit dan setelah itu langsung diverifikasi dokumen pengajuannya oleh pihak Bank Riau Kepri. Terimakasih kepada Kadis UMKM Agusnawarman yang sudah menggelar acara ini. Sehingga kami juga dapat menyampaikan dengan detail kepada pelaku UMKM tentang program ini," kata Baharudin menambahkan.

Ditambahkan oleh Bobby, setiap debitur UMKM bisa meminjam maksimal Rp 20 juta dengan angsuran selama 2 tahun. Melalui program ini Pemprov Kepri akan menanggung semua bunga pinjaman yang diajukan oleh pelaku UMKM di Bank Riau Kepri.

Selanjutnya, pelaku UMKM, kata Boim, cukup membayar pinjaman pokoknya saja. Sementara bunga pinjaman akan dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri sesuai dengan PKS atau MOU yang sudah di tandatangani oleh Pemerintah Provinsi Kepri dengan Bank Riau Kepri.

"Bantuan subsidi bunga ini, mampu meringankan beban pelaku UMKM yang kesulitan modal kerja. Sehingga usaha debitur dapat bertahan dalam kondisi sulit di era pandemi ini serta ke depan mampu tumbuh dan berkembang untuk menjadi naik kelas dan lebih baik lagi," kata Bobby Satria Adrian yang biasa disapa Boim ini.

Selain itu, dalam acara yang sama, kata Bobby Bank Riau Kepri membawa FO Cabang Batam untuk menawarkan langsung produk tabungan Bank Riau Kepri dan juga mensosialisasikan penggunaan QRIS BRK kepada pelaku UMKM untuk menggunakan fitur tersebut di masing-masing tempat usaha. *

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Selasa, 19 Oktober 2021

Sempena Hari Pangan Sedunia, Ketua TP PKK Pelalawan Hadiri Lomba MPASI

Riauterkini- PELALAWAN- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka Zukri mengahdiri kegiatan Lomba Kreasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), yang digelar oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pasific Rayon (APR) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, Sabtu (16/10/2021)

Galeri