Logo RTC
 
 
Ini 5 Tips agar Diterima jadi Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Terbaik Indonesia

Riauterkini-PEKANBARU-Melanjutkan S2 atau menempuh pendidikan pascasarjana banyak sekali yang perlu dipersiapkan. Persiapan yang matang dilakukan agar lolos dan diterima menjadi mahasiswa pascasarjana terutama di universitas terbaik Indonesia. Banyak sekali universitas terbaik di Indonesia yang memberikan beberapa persyaratan jika Anda ingin melanjutkan S2.

Persiapan dapat mulai dari pengetahuan akan jurusan, biaya, hingga mental yang matang. Selain itu, persiapan juga harus meliputi penulisan CV akademik yang benar. Artinya, pada CV tersebut harus mampu menjelaskan prestasi dan capaian akademik yang Anda pernah lakukan.Contoh lengkap CV akademik dapat dilihat pada link tersebut.

Lantas, bagaimana tips agar diterima menjadi mahasiswa pascasarjana di universitas terbaik di Indonesia? Simaklah tipsnya pada artikel ini yang akan membantu Anda untuk mempersiapkan hal-hal dengan matang untuk melanjutkan pendidikan S2.

5 Tips Diterima jadi Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Terbaik Indonesia

Bagi Anda yang ingin melanjutkan S2 simaklah tips yang perlu dilakukan agar diterima menjadi mahasiswa pascasarjana, sebagai berikut:

1. Persiapan belajar

Bagi Anda yang melanjutkan studi S2 dan kembali menjadi mahasiswa, persiapan belajar perlu dilakukan dengan baik. Anda harus siap untuk kembali belajar, membaca dan membuat tugas. Bagi mereka yang melanjutkan S2 sesudah S1 tentunya kebiasaan belajar ini sudah dipahami. Namun, bagi mereka yang memiliki gap beberapa tahun dari S1 dan akan melanjutkan S2, belajar nyatanya bisa menjadi sesuatu yang cukup sulit.

Terutama jika kebiasaan-kebiasaan belajar ini sudah tidak terbiasa dilakukan kembali. Mengingat menjadi mahasiswa pascasarjana akan memiliki tugas yang jauh lebih banyak daripada saat menjadi mahasiswa sarjana. Secara mental Anda sudah harus mempersiapkan hal ini dengan baik.

2. Jangan salah ambil jurusan

Memilih atau menentukan jurusan S2 ini penting, supaya gelar dan ilmu Anda bisa sesuai dengan kemampuan dan bermanfaat. Sebab, tidak sedikit orang yang salah dalam memilih jurusan S2. Ada yang merasa menyesal atau justru berhenti kuliah di tengah jalan. Oleh karena itu, Anda harus membuat pertimbangan yang tepat dalam memilih jurusan.

Tips yang bisa diikuti dengan memilih jurusan S2 yaitu pastikan jurusan yang diambil masih berkorelasi dengan jurusan S1 atau berkaitan dengan pekerjaan Anda. Jika Anda ingin menjadi seorang dosen, artinya jurusan S2 harus berkaitan dengan jurusan saat S1. Sementara, jika Anda memiliki pendidikan S1 yang ternyata tidak linear dengan pekerjaan, Anda bisa mengambil matrikulasi.

Matrikulasi berarti pembelajaran mata kuliah dasar sebagai pengantar memahami studi jurusan tertentu. Matrikulasi ini wajib diambil oleh mahasiswa pascasarjana yang mengambil lintas jurusan. Biasanya ada jurusan yang mengenakan biaya tambahan untuk matrikulasi namun, ada juga yang tidak.

3. Universitas terbaik yang dipilih harus tepat

Agar diterima menjadi mahasiswa pascasarjana, tentunya Anda harus memilih universitas terbaik di Indonesia dengan tepat. Anda harus menentukan kampus yang tepat dengan melihat profilnya secara mendalam. Meskipun banyak universitas terbaik di Indonesia, perhatikanlah lingkungan dan budaya di kampus tersebut, apakah cocok dan sesuai dengan Anda?

Selain itu, lihatlah pula akreditasi kampus dan akreditasi jurusan yang akan dipilih. Universitas terbaik di Indonesia umumnya memiliki akreditasi A. Namun, tidak semua jurusannya memiliki akreditas A, jika ternyata jurusan yang dipilih terakreditas B, ini masih cukup bagus. Akreditasi sangat penting mengingat akan berpengaruh saat mengajukan lamaran kerja nantinya.

4. Persiapkan tes akademik dan tes bahasa inggris

Bila ingin diterima menjadi mahasiswa pascasarjana di universitas terbaik di Indonesia, memiliki tes akademik dan tes bahasa inggris yang bagus sangat penting. Tes akademik biasanya mirip dengan tes psikologi atau tes CPNS. Anda bisa belajar soal-soal tersebut. Istilah tes yang digunakan pun bisa berbeda termasuk ketentuan nilai dan cara tesnya.

Tes bahasa inggris yang digunakan umumnya TOEFL atau TOEIC atau IELTS. Mengenai skor yang ditentukan tiap universitas juga bisa berbeda, biasanya nilai tes TOEFL minimum 450. Bila dirasa kemampuan Anda kurang dalam bahasa inggris, banyak sekali lembaga yang bisa membantu Anda untuk mempersiapkannya.

5. Siapkan Tesis dan Perhatikan IPK S1

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan agar diterima menjadi mahasiswa pascasarjana yaitu nilai dan IPK S1. Program pascasarjana merupakan kelanjutan studi dari sarjana, makanya Anda harus mempertimbangkan apakah nilai IPK Anda sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta kampus yang akan dipilih. Biasanya universitas terbaik di Indonesia mematok minimal IPK 3,25 untuk bisa lanjut ke S2.

Berbeda saat masuk sarjana, Anda tidak diminta untuk menyiapkan tema tesis. Jika melanjutkan S2, kebanyakan kampus meminta tema penelitian. Meskipun tidak semua kampus memintanya di awal. Menentukan tema tesis di awal ini sangat penting bila ingin menjadi mahasiswa pascasarjana supaya tujuan Anda dalam mengambil S2 semakin terarah.

Nah, itulah 5 tips agar diterima menjadi mahasiswa pascasarjana di universitas terbaik. Mulailah dengan mempersiapkan diri dan mental dengan baik. Ikutilah kelima tips tersebut agar mimpi Anda menjadi mahasiswa pascasarjana dapat terwujud. ***(rls)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 26 Agustus 2022

Reses, Anggota DPRD Inhu Yurizal Siap Dorong Kemajuan Sektor Pertanian

Anggota DPRD Inhu Yusrizal menyerap aspirasi konstituen. Legislator itu siap mendorong kemajuan pertanian.

Kamis, 28 Juli 2022

New Colt L300 Resmi Diperkenalkan di Pekanbaru, Buktikan Ketangguhannya

New Colt L300 hadir di Pekanbaru. Varian terbaru ini miliki berbagai keunggulan. Buktikan.

Galeri
Kamis, 16 Juni 2022

Galeri Foto, Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP Dinkes Inhil

Dinas Kesehatan Inhil gelar penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP dan Bimtek Kader Keamana Pangan.

Advertorial
Selasa, 16 Agustus 2022

PHR Kontribusikan Rp 30 Triliun Penerimaan Negara

Setahun beroperasi, PHR memberi bukti kontribusi pada negara. Menyumbang Rp30 triliun

Advertorial
Senin, 15 Agustus 2022

Bupati Rezita Bersama Menteri KLH dan Gubri Hijaukan Bantaran Sungai Indragiri

Bupati Inhu Rezita bersama Menteri KLH dan Gubri menanam bibit pohon. Upaya menghijaukan bantaran Sungai Indragiri.

Galeri
Selasa, 14 Juni 2022

Galeri Foto,
Ketua DPRD Inhil H.Ferilyandi Pimpin Rapat Paripurna Besempena Milad Inhil ke-57

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir Dr H Ferryandi ST MT MM pimpin rapat paripurna yang bersempena dengan Milad Inhil ke-57, di Gedung DPRD Jalan Soebrantas Tembilahan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Bupati Tabur 20 Ribu Ekor Benih Kakap Putih

Bupati Muhammad Adil meninjau ruang pendederan ikan sekaligus menaburkan 20 ribu ekor benih ikan kakap putih di BBIP Dinas Perikanan Meranti.

Berita Lainnya

Jumat, 23 September 2022

Kampar Dirundung Duka, ASN Pemkab Kampar Irwan Junaidi Wafat


Jumat, 23 September 2022

Kapolresta Pekanbaru Berikan Reward Personel di Momen Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67


Jumat, 23 September 2022

Masyarakat Kualu Nenas, Tambang Tolak Pembangunan Gereja di SPN Polda Riau


Jumat, 23 September 2022

Diduga Serobot Lahan, Tiga Orang Dilaporkan ke Polsek XIII Koto Kampar


Jumat, 23 September 2022

Disdik Riau Turun Tangan Selesaikan Pengeroyokan di SMAN 1 Guntor, Kuansing


Jumat, 23 September 2022

Potensi Tingkatkan PAD, Bapenda Bengkalis Data dan Mutakhirkan Pajak Reklame


Jumat, 23 September 2022

Perusahaan Travel Umroh Panik, Tiket Masih Tinggi, Kini Vaksin Meningitis Langka


Jumat, 23 September 2022

DPRD Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD Kampar 2022


Jumat, 23 September 2022

Mahasiswa KKN Umri Kenalkan Literasi Digital pada Murid TK Aisyiyah Desa Tanjung Rambutan, Kampar


Jumat, 23 September 2022

Gandeng Cek Fakta dan Google News Initiative, AMSI Riau Taja Pelatihan Literasi Berita


Jumat, 23 September 2022

450 Personil Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti Salo Ditugaskan ke Papua Utara


Jumat, 23 September 2022

Bahas Kesiapan Porprov X Riau, Banggar DPRD Kuansing Rapat Bersama KONI dan PB


Jumat, 23 September 2022

PLN Sabet Penghargaan The Best SOE in Digital Service Transformation 2022


Jumat, 23 September 2022

Warga Stres di Plangiran, Inhil Terjun ke Laut dan Hilang


Jumat, 23 September 2022

Diserang Buaya Saat Cuci Pakaian, Warga Teluk Kabung, Inhil Lolos dari Maut


Jumat, 23 September 2022

Kerahkan Anjing Pelacak, Tim Gabungan Tak Temukan Narkoba di Kapal Milik Asian dan Pingkun


Jumat, 23 September 2022

Bupati Kasmarni Terima Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif


Kamis, 22 September 2022

Kemenkominfo Dan Siberkreasi Melakukan Literasi Digital Dengan Tema Pemasaran Melalui Facebook Untuk Wilayah Sumatra Dan Sekitarnya


Kamis, 22 September 2022

48 Kampung di Siak Ditargetkan Segera Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan


Kamis, 22 September 2022

Kasus Pengeroyokan Siswa SMA Guntor Akan Diselesaikan Secara Adat