APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil" /> RIAUTERKINI.COM - Memantau Riau Detik Perdetik
 
Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil



Riauterkini-PEKANBARU-PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen viscose-rayon terintegrasi di Asia dari hutan taman industri terbarukan hingga serat rayon, menggelar pelatihan bisnis fashion, Fashion Accelerator: Siap Menjadi Pengusaha Fashion, 30-31 Mei 2024, di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Program pelatihan bisnis fashion inovatif ini digelar untuk membekali para pengusaha fashion dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di industri fashion yang kompetitif.

Fashion Accelerator menawarkan perpaduan unik antara strategi bisnis praktis dan wawasan kreatif, yang disesuaikan khusus untuk sektor fashion. Para peserta yang merupakan para local heroes binaan APR dan juga anggota Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Riau, diberi serangkaian ilmu baru guna mempertajam skill bisnis mereka melalui program workshop, mentoring, showcasing, dan akhirnya pemilihan peserta terbaik.

Salah satu pembicara pada Fashion Accelerator ini adalah Melinda Babyana, dari The Bespoke Fashion (TBF) Consultant. Dengan pemahamannya yang sangat mendalam di industri fashion, Baby, sapaan akrabnya, mengajak para peserta untuk berfikir bagaimana bertahan dan berhasil di bisnis fashion.

Lewat materi "Membangun Bisnis Cuan", wanita yang sudah dua dekade lebih berkarier di dunia fashion ini menjelaskan sangat sering pelaku bisnis fashion salah dalam menentukan harga produknya.

"Sering, produk sudah laku banyak, tapi ternyata tidak untung. Yang salah bukan produk brand. Tapi salah menghitung harga. Faktor penentu harga adalah pelanggan, pesaing, biaya, dan benefit untuk bisnis," jelas Baby yang pernah dipercaya menjadi CEO sebuah industri fashion dan mengelola tiga brand lokal.

Head of Corporate Affairs APR Djarot Handoko mengatakan, APR mendukung visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion global. Fashion Accelerator adalah salah satu upaya APR untuk mendukung mewujudkannya.

"Kegiatan ini khusus untuk mitra bina APR dan anggota API Riau. Pembicara kegiatan ini adalah para expert di bidangnya, yang sudah merasakan jatuh bangun hingga akhirnya brand mereka eksis, bertahan, bahkan tetap berkembang hingga saat ini," jelas Djarot.

Para peserta sendiri adalah desainer dan pengrajin batik lokal di Riau. Hal ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan APR2030 untuk mendukung terwujudnya Riau sebagai textile hub di Indonesia, serta membantu merevitalisasi kerajinan wastra Indonesia dengan memberikan akses kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan desainer di Riau untuk mengembangkan keterampilan di bidang fashion.

Salah satu peserta, Eka Lestari, pemilik Brand Neeka, sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan ini. Sebagai salah satu penerima beasiswa APR, Eka sudah terbiasa harus memanfaatkan kesempatan menimba ilmu yang diberikan dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam pelatihan ini.

"Banyak banget ilmu yang saya dapat. Terutama penghitungan harga jual produk. Sekarang saya tahu ternyata selama ini keuntungan saya sangat tipis," ungkap dara manis yang baru berusia 25 tahun ini.

Eka juga mengutarakan apresiasi kepada APR yang terus meneruskan memberi support kepadanya, mulai dari beasiswa sekolah, kuliah fashion, hingga saat ini. Kini Eka telah memiliki rumah jahit Neeka, dengan tim yang siap membantu. Ia juga telah berhasil menamatkan kuliahnya.

Peserta lainnya, Yusmaini, juga mengutarakan hal yang sama. Pemilik Rumah Batik Yus Pelalawan ini mengaku belajar banyak dari Fashion Accelerator.

"Saya banyak belajar, terutama di bidang teknik pemasaran. Saya sangat senang berkesempatan mengikuti pelatihan ini," tutupnya.

Dari seluruh peserta yang mengikuti pelatihan, nantinya akan terpilih 12 orang yang akan difasilitasi showcasing pada Indonesia Womenpreneurs Conference (IWC) 2024 di Jakarta pada Juli mendatang.***(adv)

Teks foto: Melinda Babyana, dari The Bespoke Fashion (TBF) Consultant, memberi pemaparan terkait bagaimana membangun bisnis fashion yang menguntungkan.

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Rabu, 19 Juni 2024

Libur Panjang Idul Adha, 122.102 Kendaraan Lewati Dua Ruas Tol di Riau


Rabu, 19 Juni 2024

Pasangan Nasir - Wardan Datangi LAM Riau Minta Tunjuk Ajar


Rabu, 19 Juni 2024

Nasarudin Fokus Bertarung di Pilkada Pelalawan


Rabu, 19 Juni 2024

Diserahkan Pj Gubri, Bahagianya Pegawai Pemprov Saat Menerima SK PPPK


Rabu, 19 Juni 2024

Pilkada Bengkalis, PKB Usung Petahana Kasmarni-Bagus Santoso


Rabu, 19 Juni 2024

Konferkab PWI Bengkalis, Panitia Buka Pendaftaran Balon Ketua


Rabu, 19 Juni 2024

Panglima Pucuk LLMB Riau Kepri Sumut Imbau PUPR Berhati-hati pada LLMB Pekanbaru


Selasa, 18 Juni 2024

Syamsurizal Minta Pengurus PPP Minta Dirinya Mundur Jangan Jadi Katak Dalam Tempurung


Selasa, 18 Juni 2024

Bersama Syamsurizal, Yopi Arianto Siap Maju Pilgub Riau 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Hadiri Haul Syekh Maksum Tambusai, Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar


Selasa, 18 Juni 2024

Mayat Pria di Sumur Tua di Rohil Ternyata Korban Pembunuhan


Selasa, 18 Juni 2024

PT SBP Rayakan Idul Adha dengan Penyaluran Hewan Qurban


Selasa, 18 Juni 2024

127 Hewan Kurban Disalurkan Pertamina Patra Niaga Sumbagut


Selasa, 18 Juni 2024

Potong 9 Ekor Hewan, Hajatan Kurban PWI Riau Jadi Ajang Silaturahmi


Selasa, 18 Juni 2024

Kolaborasi dengan FIF Group, Capella Honda Berbagi ke Tiga Panti Asuhan


Selasa, 18 Juni 2024

Ratusan Kantong Daging Kurban Nasdem Riau Dibagikan ke Masyarakat


Selasa, 18 Juni 2024

Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban


Selasa, 18 Juni 2024

Lima Komposer Terpilih untuk Malam Puncak Rarak Cipta Musik DKR 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Bupati Afrizal Sintong Resmikan Vihara Setya Kirti di Kota Terapung Panipahan, Rohil


Selasa, 18 Juni 2024

Ajaib, Sapi Jantan Kurban Masjid Attaubah Pekanbaru Bunting Sapi Kembar