Logo RTC
 
 
Sempat Mengendap, Simpanan Kasda Rp1,4 Triliun Sudah Direalisasikan

Riauterkini - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah realisasikan simpanan Kas Daerah (Kasda) sebesar Rp1,4 triliun. Sebelumya, dana ini sempat tertahan lantaran ada keterlambatan penyaluran dana transfer dari pusat.

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto memastikan, jika anggaran sebesar Rp1,4 triliun tersebut sudah direalisasikan.

"Itu sudah kita cairkan semua. Tak ada lagi anggaran itu, sudah habis itu. Deposito sudah kita cairkan, semua sudah kita cairkan. Itu tinggal SiLPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) saja, lebih kurang Rp250 miliar," kata SF Hariyanto, Rabu (29/12/21).

SF Hariyanto menjelaskan, anggaran sebesar Rp1,4 triliun itu sempat tertahan di simpanan kas pemerintah daerah, karena ada keterlambatan penyaluran dana transfer dari pusat.

"Seperti pajak rokok terlambat masuknya, sedangkan kita harus mendistribusikan juga ke kabupaten kota. Sementara pusat baru menyalurkan dan masuk kas kita, makanya membengkak. Tapi itu tak ada masalah sudah kita transfer ke kabupaten kota. Saya sudah cek, sudah ditransfer semua," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, memberikan perhatian khusus untuk Pemda, karena anggaran simpanan kas pemerintah daerah (Pemda) banyak tertahan di perbankan.

Tercatat Provinsi Riau terdapat Rp1,4 triliun, DKI Jakarta dengan simpanan sebesar Rp12,953 triliun, Aceh sebanyak Rp4,426 triliun, Papua sebanyak Rp3,829 triliun, Jawa Timur sebanyak Rp2,751 triliun.

Selanjutnya Jawa Barat sebesar Rp2,566 triliun, Kalimantan Timur sebesar Rp2,070 triliun, Papua Barat sebesar Rp1,947 triliun, Sumatera Utara sebesar Rp1,128 triliun, dan Jawa Tengah sebesar Rp1,028 triliun.***(mok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri